PT LIB Setujui Perubahan Status Laga Bhayangkara Vs Persib

Duel Bhayangkara FC vs PSIS Semarang
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Laga Bhayangkara FC vs Persib Bandung pada pekan keenam Liga 1 akan tetap berlangsung pada Minggu, 30 Juni 2019. Namun, Persib akan menjadi tuan rumah lebih dahulu. 

Persib Bandung Bagi-bagi Takjil Gratis, Maskot Ikut Turun ke Jalan

Seharusnya pada pekan keenam tersebut, Bhayangkara yang menjadi tuan rumah, namun tidak mendapatkan izin keramaian. Pihak Bhayangkara kemudian mengajukan surat kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk mengubah status tuan rumah. 

Dalam rilis yang diterima VIVA, PT LIB kemudian menyetujui melalui surat nomor 200/LIB/VI/2019. Dalam surat tertanggal 25 Juni 2019, selain status tuan rumah, PT LIB juga menyetujui perubahan jam pertandingan menjadi pukul 15.30 WIB.  

Dihantui Degradasi, Bhayangkara FC Tolak Menyerah Lawan Persib Bandung

Sebelumnya, Panitia Penyelenggara (Panpel) Bhayangkara FC sudah berupaya agar laga itu bisa berjalan sesuai jadwal awal. Salah satunya dengan mengajukan Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, sebagai alternatif tempat pelaksaan laga tersebut selain Stadion Patriot, Bekasi.

Hasilnya, permohonan izin keramaian Bhayangkara FC tetap mendapat penolakan. Keputusan itu disampaikan lewat surat nomor B/977/VI/PAM.3.3./2019/Restro Bks yang disampaikan Polres Metro Bekasi pada 21 Juni 2019. 

Persib Bandung Hadapi Bhayangkara FC dalam Kondisi Pincang

Dalam surat tersebut, Polres Metro Bekasi pun menyampaikan alasan ditolaknya permohonan izin keramaian yang disampaikan Bhayangkara FC. Di antaranya, pada 30 Juni 2019 masih berlangsung kegiatan pengamanan pasca keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) dan kerawanan yang timbul dari pendukung Persib yang ada di Kabupaten Bekasi sehingga membutuhkan pengamanan yang cukup besar.

"Bahkan, kami juga sudah berkomunikasi dengan Kapolda Metro Jaya yang membawahi Polres Metro Bekasi, namun hasilnya tetap sama," ujar Yeyen Tumena selaku Ketua Panpel Bhayangkara FC.

Selain berkomunikasi dengan Kepolisian dan operator kompetisi, Panpel Bhayangkara FC sudah lebih dulu berkomunikasi dengan Persib Bandung terkait opsi pengalihan status tuan rumah untuk pertandingan tersebut. 

"Mereka (Persib) memahami kondisi yang kami alami dan bersedia untuk menjadi tuan rumah untuk pertemuan pertama kami pada musim ini," ujar Yeyen. (mus)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya