Persija Kejar Modal untuk Wujudkan Mimpi Kawinkan Gelar

Skuat Persija saat merayakan gol Marko Simic.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – ?Persija Jakarta akan menghadapi PSM Makassar dalam leg 1 final Piala Indonesia. Pertandingan seru itu dijadwalkan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu 21 Juli 2019.

Shin Tae-yong Lakukan Panggilan Darurat, Pemain Persib dan Persija Langsung Diterbangkan ke Vietnam

Wajib menang, itu lah misi yang diusung Persija. Mereka butuh hasil gemilang demi setidaknya meringankan langkah untuk menghadapi leg 2 di kandang lawan nanti.

Apalagi tekad Persija sekarang sangat kuat buat menyandingkan dua gelar. Mereka dari awal memang berharap bisa mengawinkan trofi juara Liga 1 dengan Piala Indonesia.

Terungkap, Rahasia Marko Simic Ganas Lagi di Persija

Manfaatkan Mantan PSM

Macan Kemayoran bakal memanfaatkan sejumlah pemainnya untuk bisa membekuk PSM nanti. Dengan kehadiran mereka, pelatih Persija, Julio Banuelos, yakin PSM bisa ditaklukkan.

Terpopuler: Pengakuan Viktor Axelsen, Persija dan PSM Tampil di ACC 2024/25

Ada tiga pemain yang berstatus mantan anggota skuat PSM. Mereka adalah Steven Paulle, Heri Susanto, dan Shahar Ginanjar.

Peran ketiganya di PSM cukup krusial. Tentu, mereka tahu seperti apa seluk beluk Juku Eja, walau kursi kepelatihan saat ini diisi oleh Darije Kalezic.

Skema bermain PSM, diyakini tak berubah, karena skuat tak jauh berbeda. Willem Jan Pluim masih menjadi motor bagi PSM.

"Jelas, kami mencoba minta masukan dari pemain yang pernah di sana. Namun, kami sudah menganalisa PSM dan berharap bisa tampil dalam performa terbaik," ujar Banuelos.

Selain Pluim, Banuelos mewaspadai pemain macam Marc Klok, Guy Junior, Zulham Zamrun, dan Ferdinan Sinaga.

Klok memang patut diwaspadai karena perannya seperti bom waktu yang bisa meledak dari lini kedua PSM. Sering kali, Klok memecah kebuntuan lewat kreasi dan golnya.

"Kami tahu PSM tak jauh beda dengan musim lalu. Mereka dalam performa terbaik di musim lalu. Tapi, kami main di kandang dan tak boleh kalah. Kami akan mencoba tampil maksimal dan memenangkan pertandingan," kata Banuelos. 

PSM On Fire

Banuelos, mendapat tantangan berat memberikan gelar juara Piala Indonesia pada tim asuhannya. Bagaimana tidak, lawan yang akan mereka hadapi, PSM Makassar, tengah on fire.

Sayangnya, Bambang Pamungkas cs memiliki modal yang kurang baik dalam menatap laga ini. Itu setelah mereka terkapar usai dibantai Tira Persikabo dengan skor 3-5.

Macan Kemayoran juga belum pernah menang dalam tiga laga terakhirnya. Sebuah alarm bahaya mengingat lawannya sedang berada dalam kondisi prima.

Wiljan Pluim cs berhasil meraih tiga kemenangan dalam lima laga terakhirnya. Juku Eja bahkan membungkam dua tim besar, Bhayangkara FC dan Persebaya Surabaya, sebelum menatap final leg pertama.

"Lawan PSM jadi pertandingan yang sulit, di mana mereka saat ini sedang dalam kondisi yang baik dan bagus. Namun kami yakin pertandingan akan seru karena kami juga tidak mau kalah," ujar pelatih asal Spanyol itu.

Mengacu pada rekor pertemuan, PSM juga selalu mampu merepotkan Persija. Sejak Liga 1 bergulir pada 2017, Macan Kemayoran belum sekali pun meraih kemenangan saat jumpa Pasukan Ramang dengan torehan tiga hasil imbang dan satu kali kalah.

Situasi ini jelas merugikan Persija. Terlebih, mereka sangat butuh kemenangan untuk menaikkan mental dan memberi senyuman pada The Jakmania.

"Kami menyadari dan kami apresiasi tekanan dari The Jakmania. Kami berharap di pertandingan berikutnya kami bisa tampil baik dan bisa memberikan yang terbaik buat Jakmania yang selalu mendukung," tutur Banuelos.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya