Ditahan Semen Padang, Persebaya Gagal Tembus 5 Besar

Pertandingan Liga 1 2019 antara Semen Padang melawan Persebaya Surabaya
Sumber :
  • Instagram/@officialpersebaya

VIVA – Persebaya Surabaya gagal meraih poin penuh saat melawat ke markas Semen Padang di Stadion H. Agus Salim dalam laga lanjutan Liga 1, Minggu 28 Juli 2019. Armada Bajul Ijo ditahan imbang Semen Padang 0-0.

Semen Padang FC Didenda Rp100 Juta dan 3 Laga Tanpa Penonton

Meski berstatus sebagai tim tamu, Persebaya lebih diunggulkan dalam pertandingan ini. Pasukan Djadjang Nurdjaman itu juga menargetkan kemenangan guna menembus posisi lima besar di klasemen. Akan tetapi, rencana ini gagal maksimal. Semen Padang di luar dugaan tampil solid dan mampu meredam agresivitas Irfan Jaya cs.

Semen Padang hampir saja mencetak gol lebih dulu di menit 12, usai kiper Persebaya, Miswar Saputra, melakukan blunder. Miswar yang maju untuk mengamankan bola tanggung, justru gagal. Beruntung, bola gagal dijangkau oleh Riski Novriansyah dan langsung dikuasai oleh Otavio Dutra.

PSBS Biak Buka Suara Terkait Kerusuhan Suporter di Kandang Semen Padang

Lima menit berselang, Irsyad Maulana membuat peluang lagi bagi Semen Padang. Akan tetapi, tembakan jarak jauhnya masih melesat tipis di sisi gawang. Pun dengan peluang yang didapat Irsyad menit 19, saat berhadapan satu lawan satu dengan Miswar. Kali ini Irsyad juga gagal, lantaran sepakannya berhasil diblok Miswar.

Menit 25, Persebaya berhasil mencetak gol lewat sundulan Amido Balde. Akan tetapi, gol ini dianulir wasit lantaran striker jangkung asal Guinea-Bissau ini dianggap lebih dulu melakukan pelanggaran.

Liga 1 Musim Depan Berisi Wakil Seluruh Pulau

Semen Padang membuat dua peluang lagi di menit ke-36 dan 38, masing-masing lewat aksi Mario Barcia dan Manda Cingi. Namun lagi-lagi, penyelesaian akhir yang tak maksimal membuat peluang yang didapat keduanya gagal berbuah hasil. Hingga pertandingan babak pertama usai, laga Semen Padang kontra Persebaya masih imbang tanpa gol.

Memasuki babak kedua, tensi pertandingan kian meninggi. Baik Semen Padang maupun Persebaya terlibat dalam permainan terbuka dan saling balas menyerang.

Bintang Persebaya, Damian Lizio, menciptakan peluang di menit 74. Setelah berhasil menerobos pertahanan Semen Padang, pemain berpaspor Bolivia ini melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti. Akan tetapi, bola sepakannya masih berada tipis di sisi gawang Teja Paku Alam. Teja kemudian melakukan penyelamatan gemilang usai menepis tembakan keras Ruben Sanadi di menit 78.

Semen Padang hampir saja memetik kemenangan lewat gol di menit injury time. Akan tetapi, bola hasil sepakan voli Dedi Hartono justru jatuh tepat di pelukan Miswar. Sial bagi Semen Padang, saat laga akan berakhir, Irsyad harus menerima kartu merah setelah melakukan reaksi berlebihan usai diganjal Muhammad Hidayat.

Sepanjang 90 menit jalannya pertandingan, tak ada satu pun gol yang tercipta. Semen Padang dan Persebaya akhirnya harus puas dengan hasil akhir imbang 0-0. 

Hasil imbang ini gagal membawa Persebaya naik ke posisi lima besar. Saat ini Persebaya berada di urutan keenam dengan catatan 14 poin. Sementara bagi Semen Padang, hasil imbang ini tak membuat armada Kabau Sirah beranjak dari posisi juru kunci klasemen dengan koleksi 4 poin.

Susunan Pemain:

Semen Padang: Teja Paku Alam (gk); Agung Prasetyo, Dedy Gusmawan (Shukurali Pulatov'75), Muhammad Rifqi (Boas Atuturi'81), Dedi Hartono, Jose Sardon, Leo Guntara, Manda Cingi, Mario Barcia (Rosad Setiawan'67), Irsyad Maulana, Riski Novriansyah. 

Persebaya Surabaya: Miswar Saputra (gk); Mokhamad Syaifuddin, Otavio Dutra, Rachmat Irianto, Ruben Sanadi, Abu Rizal Maulana, Damian Lizio, Muhammad Hidayat, Manuchekhr Dzalilov (Fandi Eko Utomo'58), Irfan Jaya (Rendi Saputra'74), Amido Balde. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya