PSM Makassar Vs Persija, Ambisi Juku Eja Lepas Puasa Gelar 19 Tahun

Final Piala Presiden 2019 Persija vs PSM
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – PSM Makassar bakal menjamu Persija Jakarta dalam leg 2 final Piala Indonesia. Laga tersebut bakal digelar di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, Selasa 6 Agustus 2019.

PSM Makassar Berpisah dengan Wiljan Pluim

Bagi tim tuan rumah, laga ini merupakan kesempatan untuk melepas puasa gelar yang telah berlangsung 19 tahun lamanya. Sebagai tim tertua di Indonesia, PSM terakhir kali menjadi juara pada musim 1999/2000. 

Saat itu, Juku Eja menjuarai Liga Indonesia setelah mengalahkan tim Pupuk Kaltim 3-2. Setelah itu, trofi tak pernah lagi singgah di Makassar. Satu-satunya kesempatan hadir pada Liga 1 2018/2019. 

Antusias Sambut Piala Indonesia, Arema FC Tak Permasalahkan Recovery

PSM yang tampil apik sejak awal kompetisi harus memupus harapannya di pekan pamungkas Liga 1 musim lalu. Mereka kalah satu poin dari Persija yang keluar sebagai juara. PSM finis di peringkat kedua dengan poin 61, sedangkan Persija mengoleksi poin 62. 

Pelatih PSM, Darije Kalezic menyebut kondisi pemainnya saat ini sangat termotivasi untuk bisa mengalahkan Persija.

"Tentu kami senang bermain di kota sendiri dan bermain di final setelah 19 tahun kami punya peluang untuk membawa trofi ke Makassar. Pertandingan ini sangat penting bagi pemain saya. Kami sudah sangat siap. Kami ingin meraih juara Piala Indonesia," kata Kalezic.

"Saya akan instruksikan anak-anak untuk terus aktif selama 90 menit. Tak lupa, organisasi di lapangan juga harus baik," imbuh pelatih asal Swiss itu.

Ambisi Sang Kapten

Senada dengan pelatih, kapten PSM, Wiljan Pluim, sudah tak sabar menantikan laga kontra Persija. Pemain berpaspor Belanda itu ingin mempersembahkan trofi pertamanya untuk Juku Eja. 

"Kami sangat siap menatap laga ini. Semuanya sudah mempersiapkan diri. Setelah tiga tahun di sini, saya ingin memberi piala pertama untuk PSM," ujar pemain 30 tahun tersebut.

Soal persiapan, Pluim mengaku tak ada masalah meski dia sudah dua laga tak bermain dengan PSM. Dia yakin bisa dengan cepat melebur dengan tim lantaran sudah kenal betul dengan gaya permainan Juku Eja. 

"Tidak ada penyesuaian lagi. Saya sudah persiapkan diri dengan baik dan tim ikut melatih fisik saya. Saya sudah sangat siap untuk bermain." ucapnya. 

Pluim menjadi salah satu pemain yang paling lama membela PSM pada skuat saat ini. Dia sudah bergabung sejak putaran kedua turnamen Indonesia Soccer Championship 2016. Pluim juga merasakan sakit saat PSM gagal juara di Liga 1 musim lalu.

Laga Panas yang Sempat Tertunda

Sebenarnya laga leg 2 final Piala Indonesia ini digelar pada Minggu 27 Agustus 2019. Akan tetapi, pertandingan harus ditunda karena alasan keamanan yang tidak terkendali. 

Keputusan tersebut dipicu insiden sehari sebelum laga yang diterima Persija. Bust yang mereka tumpangi dilempari batu oleh sejumlah oknum di sekitar Stadion Andi Mattalatta. 

Atas peristiwa itu, sejumlah pemain Persija mengalami luka. Sempat muncul kontroversi akibat penundaan tersebut, namun berselang satu hari setelah keputusan penundaan, PSSI mengumumkan laga digelar di tempat yang sama pada Selasa 6 Agustus 2019.putusan penundaan.

Pada final leg I, Persija berhasil meraih kemenangan atas PSM dengan skor 1-0. Kala itu pertandingan final leg I dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Minggu 21 Juli 2019.

Lihat preview dan prediksi lengkap PSM vs Persija pada JELANG LAGA di bawah ini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya