Operator Pastikan Nilai Subsidi Klub Liga 1 Alami Kenaikan

Waketum PSSI, Cucu Somantri
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Direktur Utama PT. Liga Indonesia Baru, Cucu Somantri, memastikan klub peserta Liga 1 2020 mendapat suntikan dana subsidi lebih banyak dibandingkan musim sebelumnya. Namun kenaikannya tidak begitu signifikan.

Langkah Tegas PSSI Basmi Sepakbola Gajah di Liga 3

Musim lalu, setiap klub menerima subsidi senilai Rp5 miliar. Musim ini, LIB menaikkan jumlahnya sekitar Rp200 juta untuk masing-masing klub.

"Kita memutuskan untuk subsidi klub memang ada peningkatan. Kalau untuk tahun lalu Rp5 miliar, kalau sekarang kita naikkan menjadi Rp5,2 miliar," kata Cucu ketika ditemui di Hotel Century, Rabu 19 Februari 2020.

Pemain Keturunan Bisa Bela Timnas U-19 di Piala Dunia U-20, Siapa Dia?

Uniknya, ada dua klub yang mendapat perlakuan spesial lantaran jumlahnya Rp500 juta lebih banyak dibandingkan klub lainnya. Dua klub itu adalah Persipura Jayapura dan Persiraja Banda Aceh yang menerima subsidi sebesar Rp5,7 miliar.

"Untuk klub yang secara geografis cukup jauh seperti Persipura dan Persiraja kita tambah masing-masing menjadi Rp5,7 miliar," ujar Cucu.

Persib Bandung Waspadai Kekuatan Lini Depan MU

Jumlah yang tidak signifikan ini diakui PSSI beralasan. Cucu menyebut jika LIB selaku operator kompetisi sepakbola Indonesia ini harus membayarkan hutang musim 2017/2018 lalu yang masih tersisa.

"Kita juga dalam upaya akan menyelesaikan hutang-hutang lainnya, walaupun mungkin tidak bisa meningkatkan cukup signifikan. Kalau ini ditingkatkan dan tidak dibayarkan tetap saja dari tahun ke tahun kan hutangnya masih ada, jadi masih akan mencicil dulu hutang yang terjadi dari 2018," ungkap dia.

Sebagai info, Liga 1 bakal dimulai pada 29 Februari 2020 mendatang. Laga pembuka kompetisi sepakbola kasta tertinggi Indonesia ini akan mempertemukan Persebaya Surabaya versus Persik Kediri. Di hari yang sama juga akan menghadirkan duel Madura United kontra Barito Putera.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya