Launching Tim Persib Diwarnai Aksi Boikot Wartawan

Forum Wartawan boikot launching tim & jersey Persib 2020
Sumber :
  • VIVA/Dede Idrus

VIVA – Launching tim Persib Bandung di Harris Hotel, Jalan PETA, Bandung pada Selasa 25 Februari 2020 diwarnai aksi demontrasi dari puluhan jurnalis. Wartawan yang tergabung di Forum Wartawan Persib (FWP) ini, sepakat memboikot gelaran peluncuran tim dan jersey Persib 2020.

Prediksi Pertandingan Liga 1: Persib Bandung vs Persebaya Surabaya

Aksi ini sebagai bentuk kekecewaan atas peraturan yang diterapkan PT Persib Bandung Bermartabat (PBB). Di mana, peliputan launching Persib dibatasi.

Wartawan televisi tidak diperbolehkan untuk merekam atau menyiarkan secara langsung launching Persib Bandung. Sedangkan, wartawan tulis dan fotographer diperbolehkan meliput kegiatan tersebut.

Dibantu Persija Jakarta, Persib Bandung Pastikan Tiket ke Championship Series

Baca juga: Bos Persib Kantongi Skuat Utama Laga Perdana Liga 1

Perwakilan FWP, Endra Kusumah mengatakan peraturan PT PBB tersebut kepada awak media dinilai menghambat kegiatan peliputan para jurnalis sehingga para wartawan sepakat memboikot kegiatan tersebut.

Nick Kuipers: Persib Bandung Harusnya Ungguli Persita 4-0 di Babak Pertama

"Sekarang ada launching, kita ada tuntutan untuk meliput juga, namun karena ini sebagai kebijakan dan kesepakatan kita, kita memilih sikap untuk berpegang teguh pada kebersamaan dan selanjutnya kita ingin ada hal yang lebih baik kedepannya," ujar Endra.

Forum Wartawan boikot launching tim & jersey Persib 2020

Wartawan tulis, fotographer, termasuk televisi sebenarnya mendapatkan undangan melalui surat elektronik pada 21 Februari 2020. Namun sehari jelang launching, perwakilan PT PBB melalui pesan WhatsApp menerapkan aturan yang dinilai menghambat kegiatan peliputan.

"Dalam email tersebut tidak tercantum boleh diliput atau enggaknya. Namun, setelah tadi malem jam 21.00 WIB ada memang sudah ada pemberitahuan dilarang meliput terutama dari saya yang di tv. Tidak boleh tanpa alasan yang jelas, jadi kita yang di tv pun bingung," kata Endra.

"Kita hanya tidak dikasih kebebasan untuk meliput dan mengambil gambar, dari anak cetak dan foto pun sama. Tidak bisa ambil foto, radio pun sama. Ini adalah pengekangan untuk kita berekspresi," lanjutnya.

Dalam aksi boikot tersebut, awak media memperlihatkan id tanda pengenal dari pihak penyelenggara untuk akhirnya dikembalikan lagi ke meja registrasi di tempat berlangsungnya acara launching.

Baca juga:

Ternyata, Pemain Persib Asal Brasil Doyan Makan Batagor

Sempat Mengeluh, Pelatih Persib Kini Puji Rumput Stadion GBLA

Pelatih Persib Rahasiakan Kapten Tim untuk Liga 1

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya