Pemain Mulai Bicara Soal Pelatih Baru Timnas

VIVAnews - Siapa sosok pengganti Benny Dolo sebagai pelatih timnas, sampai saat ini masih tanda tanya. Namun pemain-pemain timnas berharap, pengganti adalah sosok yang mampu berkomunikasi baik dengan para permainnya.

Kontrak Bendol bersama timnas bakal berakhir, Januari 2010. Namun PSSI belum memutuskan siapa yang bakal menggantikan tempat mantan pelatih Arema Malang itu. Bendol bahkan masih dipinjam saat timnas bersua Australia, Maret mendatang.

Pemain Persebaya, yang juga personel timnas Pra Piala Asia (PPA), Djayusman Triasdi berharap pengganti Bendol berasal dari Indonesia. Faktor komunikasi menjadi pertimbangan utama Djayusman.

"Jangan sampai seperti timnas U-23. Karena kesulitan berkomunikasi dengan pemain, hasilnya jadi tidak maksimal," kata Djayusman kepada VIVAnews, Senin, 11 Januari 2010.

Selain tampil di PPA 2011, Djayusman merupakan anggota timnas U-23 yang gagal di SEA Games Laos 2009. Di bawah pelatih asal Uruguay, Alberto Bica timnas U-23 hanya mampu meraih satu hasil seri.

Djayusman sendiri sudah punya sosok yang layak menggantikan Bendol. "Dari seluruh pelatih lokal yang ada saat ini, saya pikir Rahmad Darmawan (pelatih Sriwijaya FC), yang paling layak menjadi pelatih timnas," kata Djayusman.

"Selain sudah punya sederet prestasi, Rahmad juga saya pikir lebih mampu memahami karakter para pemain Indonesia. Beliau juga mampu menjaga kondisi timnya dengan baik," tambah Djayusman.

Berbeda dengan bek kiri Sriwijaya FC, Isnan Ali. Langganan timnas senior itu tidak terpaku pada pelatih lokal saja. Namun menurutnya, siapapun pelatih yang akan menangani timnas sebaiknya mampu memahami karakter pemain-pemainnya.

"Bagi saya, siapapun pelatihnya tidak ada masalah. Namun yang penting sosok pelatih baru harus mampu memahami pemain-pemainnya dan punya banyak pilihan strategi sehingga memungkinan pemain lebih berkembang," katanya.

Terpopuler: Alasan Heerenveen Lepas Nathan Tjoe-A-On, Calon Kiper Timnas Indonesia Sabet Scudetto
Foto: Istimewa

Cerita Perjuangan TikTokers Sasya Livisya, Sering Dapat Hate Comment karena Penampilannya

Setelah melalui berbagai proses yang panjang, Sasya Livisya menyampaikan pentingnya hate comment dalam setiap konten yang diposting di sosial media.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024