Kick Off Liga 1 Persebaya Vs Persik: Uji Kelayakan Venue Piala Dunia

Stadion Gelora Bung Tomo (GBT)
Sumber :
  • VIVA/Rahmad Noto (15-01-18)

VIVA – Kick off Liga 1 2020 akan dihelat di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. Laga perdana akan mempertemukan tuan rumah Persebaya Surabaya kontra Persik Kediri, Sabtu 29 Februari 2020.

Ada Sosok Mencurigakan saat Pertandingan Persik Vs Bhayangkara FC

Menteri pemuda dan olahraga (Menpora), Zainudin Amali, berencana hadir dalam acara pembukaan. Bukan sekadar untuk menikmati duel perdana, dia juga ingin melihat seberapa besar perkembangan Stadion GBT untuk menjadi venue Piala Dunia U-20.

(Baca juga: Menpora Minta Persib dan Tira Persikabo Ikut Aturan Negara)

Persik Kediri Lapor Satgas Anti Mafia Bola Usai Dibantai Bhayangkara FC

Baca: Kisruh Situs Judi Sponsori Tira Persikabo, Menpora: PSSI Harus Tegas)

Stadion berkapasitas 50.000 tempat duduk itu menjadi satu di antara 11 stadion yang diajukan PSSI untuk menjadi enam stadion terpilih FIFA sebagai venue Piala Dunia U-20 pada  2021 mendatang.

Persik Kediri: Tindakan yang Mencoreng Marwah Sepakbola Tak Dapat Diterima

"Iya saya akan datang dan membuka langsung Liga 1 202. Tadinya PSSI mengundang Presiden Jokowi, tapi tidak bisa datang. Saya akan datang sebagai Menpora, bukan mewakili Presiden," kata Amali di Gedung Kemenpora, Jakarta, Jumat 28 Februari 2020.

Menpora Zainudin Amali

"Saya ke Surabaya juga sekaligus mau melihat perkembangan Stadion GBT. Ini kan menjadi salah satu venue yang diajukan untuk menggelar Piala Dunia," imbuhnya.

Soal pertandingan Persebaya versus Persik, Amali memprediksi akan berjalan seru. Mengingat laga tersebut bertajuk Derby Jatim. Selain itu, kedua tim memiliki motivasi yang berbeda untuk memenangkan laga pembuka.

Para pemain Persebaya rayakan gol.

"Kita tahu Persebaya kemarin runner up dan mereka sekarang menjadi tuan rumah. Tentu motivasinya berlebih karena bermain di depan pendukungnya. Tapi, Persik juga tidak bisa diremehkan. Mereka punya semangat promisi, pasti militansinya tinggi," ucapnya.

Di sisi lain, untuk menjadi venue Piala Dunia U-20, Stadion GBT akan mengalami renovasi cukup banyak. Di antaranya, pemasangan single seat tribun penonton. 

Kemudian penambahan pencahayaan dari 1200 lux menjadi 2400 lux, pergantian rumput berstandar FIFA hingga pembenahan ruang ganti dengan fasiltas jacuzzi.

Persebaya nantinya harus berpindah kandang. Kemungkinan besar, Bajul Ijo akan bermarkas di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) dan Gelora 10 November.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya