Calon Top Scorer Liga 1: Simic, David da Silva Hingga Titus Bonai

Penyerang Persija Jakarta, Marko Simic
Sumber :
  • Instagram/@persijajkt

VIVA – Persaingan Liga 1 2020 berpotensi semakin ketat. Mengingat, sejumlah klub bermanuver di bursa transfer . Mulai dari belanja pemain asing hingga merekrut pemain lokal berlabel Tim Nasional.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Persib Bandung vs Bhayangkara FC di Liga 1

Bukan cuma persaingan menuju tahta juara yang diprediksi akan semakin ketat, persaingan top scorer pun demikian. 

Deretan bomber asing biasanya menjadi langganan dalam urusan membobol gawang lawan. Nah, siapa saja calon top scorer Liga 1 2020. Berikut kami sajikan prediksinya.

David da Silva Makin Ganas, Top Scorer Liga 1 di Depan Mata

Marko Simic - Persija Jakarta

Penyerang asal Kroasia ini diprediksi akan kembali melanjutkan hegemoninya di Liga 1 2020. Apalagi, Marko Simic musim ini akan ditopang oleh pemain-pemain sayap seperti Riko Simanjuntak dan Osvaldo Haay.

Disakiti Mantan, Djanur Soroti Gol Cepat Persib Bandung

Selain itu, Persija musim ini juga memiliki gelandang seperti Evan Dimas Darmono, Rohit Chand, dan Marc Klok. Para pemain tersebut tentunya akan memanjakan Simic dengan umpan-umpan matangnya.

Simic telah membuka keran golnya di tahun 2020. Pada ajang pramusim Piala Gubernur Jatim 2020, Simic mencatatkan enam gol, meskipun gagal membawa Persija sebagai juara.

Pada Liga 1 musim lalu, penyerang 32 tahun tersebut menjadi top scorer dengan torehan 28 gol. Dia unggul jauh atas striker Madura United, Alberto Goncalves di peringkat keduda dengan 18 gol.

Pemain Persebaya Surabaya, Irfan Jaya, Mahmoud Eid, David Da Silva - Persebaya Surabaya

Bisa dikatakan, David da Silva dengan Persebaya berjodoh. Pemain asal Brasil ini pertama kali datang ke Indonesia pada awal Liga 1 2018. Dia awalnya bermain untuk Bhayangkara FC.

Akan tetapi, dia terlempar dari skuat utama. Tak mendapatkan tempat di skuat The Guardian, Da Silva ditampung Persebaya. Benar saja, Da Silva langsung menujukkan kelasnya.

Di Liga 1 2018, Da Silva mencetak 23 dan menjadi top scorer tim. Performa apiknya bersama Persebaya membuat klub Korea Selatan, Pohang Steelers kepincut dan memboyongnya. Namun, pemain 30 tahun tersebut gagal bersinar, hanya mencetak dua gol dari sembilan laga.

Da Silva pun kembali ke Persebaya di paruh kedua Liga 1 2019, Selama 17 kali tampil, ia mencetak 14 gol untuk Persebaya.

Musim ini, Da Silva berpotensi menambah pundi-pundi golnya untuk Persebaya. Setelah Bajul Ijo mendatangkan beberapa pemain di posisi sayap dan gelandang.

Musim ini, Da Silva bakal dimanjakan dengan umpan-umpan dari Makan Konate, dan Hambali Tholib. Di lini depan, Da Silva juga akan dimudahkan dengan duetnya, Mahmoud Eid asal Palestina, 

Alex Dos Santos - Tira Persikabo

Striker Persela, Alex dos Santos Goncalves.

Alex Dos Santos sempat menjadi sorotan di awal Liga 1 2019. Bersama Persela Lamongan, ia muncul di daftar teratas top scorer. Alex mencetak 12 gol dari 14 pertandingan awal.

Akan Tetapi, di pertengahan kompetisi, ketajaman pemain asal Brasil itu sedikit menurun. Hingga akhirnya, Alex mencetak 17 gol sepanjang musim lalu.

Musim ini, Alex memperkuat Tira Persikabo. Dia akan ditopang dengan kreativitas gelandang Petteri Pennanen. 

Kemudian di sisi sayap, Laskar Padjajaran memiliki Wawan Febrianto, Hendra Bayauw yang unggul dalam kecepatan dan umpan-umpan silangnya.

Titus Bonai - Borneo FC

Penyerang Borneo FC, Titus Bonai.

Titus Bonai menyelamatkan wajah Indonesia di hajatan sendiri. Musim lalu, saat berseragam Persipura Jayapura, Tibo mencetak 13 gol dari 22 pertandingan.

Memang ada Ilija Spasojevic (16 gol) dan Alberto Beto Goncalves (18 gol) yang mewakili pemain Indonesia di daftar top scorer. Namun perlu diingat, status mereka merupakan pemain naturalisasi.

Musim ini, Tibo berseragam Borneo FC. Pemain 30 tahun tersebut diharapkan kembali menjadi pemain Indonesia yang bisa bersaing dengan pemain asing di bawah asuhan pelatih Edson Tavares.

Samsul Arif Munip - Persita Tangerang

Penyerang Barito Putera, Samsul Arif Munip

Sulit untuk tidak memasukkan nama Samsul Arif Munip di daftar calon pencetak gol terbanyak Liga 1 2020.

Meski usianya sudah 35 tahun, Samsul merupakan satu-satunya penyerang lokal yang konsisten pencetak gol pada tiga tahun terakhir.

Pada Liga 1 2017, Samsul mencetak 16 gol dari 34 penampilan bersama Persela Lamongan. Semusim kemudian, Samsul mencetak dua digit gol, yakni 14 gol untuk Barito Putera.

Musim lalu, Samsul hanya mengemas lima gol dari 23 penampilan. Salah satu penyebabnya, Samsul kurang mendapatkan menit bermain bersama Laskar Antasari.

Musim ini, Samsul hijrah ke Persita Tangerang. Di bawah asuhan pelatih Widodo C. Putro, Samsul digadang-gadang bisa kembali menunjukkan tajinya bersama Pendekar Cisadane.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya