Laga Perdana Liga 1 2020, Persebaya Ditahan Persik di Gelora Bung Tomo

Bek Persebaya Surabaya, Hansamu Yama Pranata.
Sumber :
  • Instagram/@officialpersebaya

VIVA – Persebaya Surabaya menghadapi Persik Kediri dalam pertandingan pembukaan Liga 1 2020 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu 29 Februari 2020. Di laga tersebut, Persebaya dan Persik harus puas berbagi poin setelah bermain imbang dengan skor 1-1.

PSSI Buka Suara soal Dugaan Pengaturan Skor Bhayangkara FC Vs Persik

Selepas kick off, Persebaya dan Persik sama-sama menerapkan permainan dengan tempo cepat. Akan tetapi, serangan yang dibangun kedua tim belum bisa membuahkan kesempatan.

Laga belum genap satu menit, Persik nyaris membuat Persebaya terdiam. Namun, tembakan keras yang dilepaskan Gaspar Vega masih melambung di atas mistar gawang Persebaya.

Ada Sosok Mencurigakan saat Pertandingan Persik Vs Bhayangkara FC

Baru pada menit 25, Persebaya memiliki kesempatan untuk mencetak gol melalui eksekusi bola. Sayangnya, tendangan melengkung dari Makan Konate masih mengarah ke atas mistar gawang Persik.

Petaka menimpa Persebaya pada menit 32 setelah wasit memberi hadiah penalti kepada Persik akibat handsball yang dilakukan Hansamu Yama Pranata. Gaspar Vega yang ditunjuk sebagai algojo sukses mengantarkan Macan Putih unggul 1-0.

Persik Kediri Lapor Satgas Anti Mafia Bola Usai Dibantai Bhayangkara FC

Akan tetapi, keunggulan Persik tak bertahan lama. Pada menit 37, Hansamu Yama Pranata sukses membayar tuntas kesalahannya usai sundulan terukurnya menyambut umpan Mahmoud Eid melesak mulus ke dalam gawang Persik.

Pada menit 43, serangan sporadis Persik hampir saja membuat mereka menutup babak pertama dengan keunggulan. Namun, tembakan jarak jauh yang dilepaskan oleh Ibrahim Sanjaya masih melayang dari sasaran.

Dalam waktu yang tersisa di babak pertama, Persebaya dan Persik masih terus melancarkan serangan. Akan tetapi, hingga peluit panjang tanda turun minum dibunyikan, skor imbang 1-1 masih menghiasi laga perdana Liga 1 2020.

Usai jeda, Persebaya mulai meningkatkan intensitas serangan. Sedangkan Persik tetapi mengandalkan kecepatan dalam usahanya membongkar pertahanan tuan rumah.

Babak kedua baru berjalan 4 menit, Persebaya sudah mampu menebar ancaman ke pertahanan Persik. Namun, sepakan keras David Silva dari luar kotak penalti masih melambung di atas gawang Persik.

Menit 65, Bajul Ijo nyaris mencetak gol. Sayangnya, tendangan kaki kiri dari Mahmoud Eid masih bisa digagalkan oleh pemain bertahan Persik.

Empat menit berselang, giliran Persik yang memiliki peluang. Akan tetapi, sontekan Gaspar Vega menyambut umpan Septian Bagaskara masih melencentg di kiri gawang Persebaya.

Masuknya Ricky Kambuaya membuat serangan Persebaya lebih variatif. Pada menit 73, eks pemain PSS Sleman itu melepaskan tembakan terukur ke gawang Persik, tapi masih bisa ditangkap dengan cekatan oleh Dimas Galih.

Tiga menit jelang waktu normal usai, Persebaya mulai frustrasi dalam melancarkan serangan. David Silva yang kesulitan menembus pertahanan coba lepaskan tembakan jarak jauh yang akurasinya masih lemah.

Di sisa waktu yang ada, Persebaya terus menggempur area pertahanan Persik. Akan tetapi, hingga peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan, skor 1-1 tidak berubah.

Atas hasil ini, Persebaya dan Persik harus puas berbagi poin. Kedua berhak mendapatkan poin perdana di Liga 1 2020.

Susunan pemain

Persebaya Surabaya: Rivky Mokodompit (GK); Hansamu Yama Pranata, Rachmat Irianto, Arif Satria, Koko Ari Araya, Makan Konate, Aryn Williams (Patrich Wanggai 82'), Hambali Tolib (Ricky Kambuaya 48'), Mahmoud Eid (Oktafianus Fernandio 67'), David Silva, Irfan Jaya.

Persik Kediri: Dimas Galih Pratama (GK); Jefferson Alves, Andri Ibo, Dany Saputra, Ante Bakmaz, Ibrahim Sanjaya, Sackie Teah Doe (Reksa Maulana 82'), Faris Aditama, Gaspar Vega, Adi Eko Jayanto (Vava Mario Yagalo 89'), Antony Nugroho (Septian Bagaskara 68').

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya