Menyambut Kompetisi Kasta Tertinggi Sepakbola Indonesia

Pembukaan Liga 1 2020
Sumber :
  • VIVA/Riki Ilham Rafles

VIVA – Shopee Liga 1 2020 telah resmi bergulir. Ditandai dengan acara pembukaan yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Sabtu malam WIB 28 Februari 2020.

Polisi Serahkan Selebgram Chandrika Chika ke BNNK Jaksel soal Kasus Narkoba, Mau Rehab?

Sebelum pertandingan antara tuan rumah Persebaya Surabaya melawan Persik Kediri digulirkan, terlebih dulu ada seremoni. Bagian yang menjadi penanda, kompetisi kasta tertinggi sepakbola Indonesia selalu menyedot antusiasme tinggi.

Yang paling mencuri perhatian dalam seremoni pembukaan Shopee Liga 1 2020 ini adalah aksi dari ratusan penari di atas lapangan. Mereka semuanya asyik bergoyang ubur-ubur sembari diiringi dentuman musik.

Joe Biden Sahkan Undang-undang yang Membuat Tiktok Terancam Diblokir

Goyangan tersebut sudah populer terlebih dulu di media sosial Tiktok. Alhasil, sekira 50.000 suporter yang menyaksikan langsung di Stadion GBT ikut-ikutan bergoyang.

Tak cuma goyang ubur-ubur Tiktok yang membuat suporter antusias. Ada satu sosok lagi yang ketika disebutkan namanya lalu penonton dibuat bertepuk tangan tanda hormat.

Selain Narkoba, Ini Deretan Kontroversi Selebgram Chandrika Chika

Opening Liga 1 2020

Sosok tersebut adalah Dahlan Iskan. Mantan Menteri BUMN itu disebut namanya oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan saat memberi sambutan.

Dahlan yang dianggap oleh para Bonek --sebutan suporter Persebaya— sebagai tokoh penting hadir di tribun VVIP. Begitu namanya terdengar, suporter langsung memberi tepuk tangan meriah.

Kompetisi kasta tertinggi di Indonesia kembali akan memanjakan publik. Mereka tentu ingin antusiasme itu dibalas seperti apa yang jadi harapan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yakni sepakbola dengan menjunjung tinggi sportivitas.

"Presiden meminta kepada kita untuk menjaga sportivitas. Jangan sampai ada lagi kasus-kasus pengaturan pertandingan," kata Iriawan dalam sambutannya.

Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB), Cucu Somantri amat puas menyaksikan animo suporter saat seremoni pembukaan. Dia berharap, ke depan kompetisi bisa berjalan dengan sempurna.

“Kita bersyukur bahwa pembukan bisa berjalan lancar dan aman. Kita lihat pelaksanaannya cukup tertib. Para undangan dibuat terkesan. Kita apresiasi teman-teman suporter Persebaya dan Persik yang sangat luar biasa,” tutur Cucu.

Untuk menambah kualitas kompetisi, PT LIB selaku operator mulai menunjang wasit dengan alat komunikasi di lapangan. Empat wasit yang bertugas pada pertandingan pembuka Shopee Liga 1 2020 sudah menggunakannya.

Saat industri sepakbola Indonesia semakin maju, inovasi teknologi juga harus diterapkan. Dengan cara seperti itu, diharap pertandingan takkan mengalami gangguan sehingga nyaman ditonton.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya