Cegah Corona, Persipura Setop Berlatih dan Terapkan Strategi Medis

Skuat Persipura Jayapura
Sumber :
  • liga-indonesia.id

VIVA – Pemberhentian kompetisi Liga 1 oleh PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) akibat ancaman wabah virus corona COVID-19 menjadikan sejumlah klub ruang untuk memantau kondisi kesehatan dan kebugaran skuatnya. Hal ini untuk memastikan seluruh elemen tim dapat mencegah dari penyebaran virus asal Wuhan, China itu.

Persib Bandung Waspadai Kekuatan Lini Depan MU

Tindakan prepentif pun dilakukan klub Persipura Jayapura untuk memeriksakan kondisi skuat mereka. Opsi tersebut digulirkan tim Mutiara Hitam dengan sejumlah tahapan.

Dalam rilis resminya kepada media, manajemen Persipura menuturkan skema dan upaya strategi mereka dalam menjaga kondisi skuat agar terhindar dari ancaman COVID-19 sebagai berikut;

Gol Menit Akhir PSIS Buyarkan Kemenangan Bhayangkara FC

Pada Senin 23 Maret 2020, tim Persipura Jayapura sudah mulai berkumpul tapi tidak untuk latihan di lapangan. Dokter tim, Benny Suripati langsung melakukan pemeriksaan.

Baca juga: Merinding, Kisah Mencekam Istri Kapten PSG Lolos dari Virus Corona

Persija Dilanda Kelelahan Jelang Hadapi Tira Persikabo

Tindakan yang dilakukan adalah anamnesis (wawancara) dan pemeriksaan fisik khusus (suhu badan dan evaluasi faring).

Tujuannya, agar deteksi awal gejala COVID-19, berupa demam dan tanda-tanda gangguan pernapasan (batuk, pilek dan sakit tenggorokan).

Sedikit yang menjadi catatan yaitu Faring atau saluran pertemuan rongga hidung, mulut, tenggorokan dan kerongkongan.

“Bila hari ini pemerintah pusat menginstruksikan apapun, Persipura tidak akan membangkang ataupun melawan. Keselamatan orang banyak menjadi prioritas,” dalam salah satu poin pada rilis Persipura kepada media.

“Dan kami pastikan tidak akan melakukan latihan di lapangan terbuka. Sehingga jika ada informasi Persipura memulai latihan hari ini, Senin 23 Maret, itu tidak benar, karena tim hanya berkumpul dan dokter melakukan pemeriksaan gejala COVID-19,” jelas rilis tersebut.

“Pada prinsipnya tim Persipura tetap akan patuh pada kebijakan pemerintah melalui federasi, lebih khusus lagi PT LIB. Keputusan resmi dan tertulis dari federasi akan menjadi acuan Persipura,” tutup pernyataan yang disampaikan resmi Sekretaris Persipura Jayapura, Rocky Bebena.

Baca juga:

Gokil, Messi Punya 'Butik' Pribadi Tampung Jersey Koleksinya

Mati Gaya di Karantina, Maskot Arsenal Malah Sibuk Nyetrika

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya