Dinkes Bicara Virus Corona yang Jangkiti Bomber Asing Persib

Bomber Persib Bandung, Wander Luiz.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/aww.

VIVA – Persib Bandung mengumumkan bahwa satu pemain asingnya Wander Luiz terinfeksi virus corona atau COVID-19. Pemain asal Brasil ini dinyatakan positif usai menjalani test (Polymerase Chain Reaction) PCR beberapa hari yang lalu. 

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Menariknya, Wander Luiz tidak menunjukkan gejala apa pun sebelum terinfeksi COVID-19. Namun, untuk mencegah penyebaran lebih meluas saat ini Luiz tengah menjalani isolasi mandiri dengan pemantauan dokter tim.

Baca juga: Virus Corona Bisa Paksa Ronaldo Cabut dari Juventus

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Bandung, Rita Verita, menjelaskan bahwa COVID-19 bisa menyerang siapa pun, termasuk atlet yang setiap harinya menjaga kondisi kebugaran agar tetap sehat.

"Betul. Karena begini, virus ini kan bisa menyerang siapa pun. Yang bisa menangkal virus ini adalah orang dengan daya tahan tubuh yang baik, begitu ya," ujar Rita kepada wartawan, Selasa 31 Maret 2020.

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

Makanya, dia berharap kepada semua masyarakat untuk bisa menjaga daya tubuhnya agar virus tidak masuk kedalam tubuh. Untuk soal Luiz, Rita menduga ketika COVID-19 masuk kondisi pemain berusia 28 tahun tersebut tengah menurun.

"Bagi seseorang yang punya daya tahan tubuh tidak baik tentu tidak bisa menahan virus ini walaupun dia olahragawan, walaupun dia makannya bagus" terangnya.

Pemain Persib Bandung, Wander Luiz

"Tapi, kalau daya tahan tubuh dia (Luiz) mungkin pada saat virus masuk ke dalam tubuh dia, daya tahan tubuhnya tidak sedang baik, sehingga akhirnya virus gak bisa dilawan karena daya tahan tubuh, yang paling penting di sini itu tadi daya tahan tubuh," jelasnya.

Guna menangkal virus, kata Rita, sangat mudah tapi kerap diabaikan oleh masyarakat. Di antaranya dengan selalu mencuci tangan atau menggunakan masker bila bepergian ke luar rumah. 

"Lalu itu tadi, habis cuci tangan dan lain-lain, itu kan perilaku seperti gak penting, padahal itu sangat penting karena virus bisa mati kalau kita cuci tangan dengan betul," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya