Sepak Terjang Yunus Nusi, Pengisi Kursi Kosong Sekjen PSSI

Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi (tengah)
Sumber :
  • Twitter Yunus Nusi

VIVA – Pengganti Ratu Tisha Destria di kursi Sekretaris Jenderal PSSI akhirnya diumumkan. Adalah Yunus Nusi, yang didaulat jadi Plt Sekjen PSSI pada Senin 20 April 2020 siang.

Waketum PSSI Ratu Tisha Ungkap Banyak Keuntungan Didapat dari Piala Dunia U-17

Sosok Yunus Nusi sejatinya tak asing bagi sepakbola nasional. Kariernya di dalam kepengurusan sepakbola nasional, benar-benar dimulai dari bawah, yakni level klub.

Awalnya, Yunus Nusi terjun dalam kepengurusan klub pada 2009 lalu. Dia menjabat sebagai Direktur Bisnis Persisam Samarinda.

Piala Dunia U-17 Langkah Awal PSSI Menuju Event Sepakbola Terbesar

Jabatan itu diemban Yunus Nusi selama lima tahun. Dalam prosesnya, Yunus Nusi pernah terlibat dalam konflik sepakbola nasional yang menghantam PSSI di 2011.

Kala itu, dia mendukung Arifin Panigoro dan George Toisutta untuk menggulingkan kekuasaan Nurdin Halid di PSSI. Yunus Nusi bukan cuma diam, tapi termasuk sebagai anggota yang vokal dalam mengkritik Nurdin kala itu.

FIFA Apresiasi 4 Stadion Piala Dunia U-17 Indonesia, Rumput JIS Aman?

Dua tahun kemudian, Yunus Nusi duduk di kursi Ketua Asosiasi Provinsi PSSI Kalimantan Timur. Sudah dua periode dia mengemban jabatan itu, dengan terpilih lagi di 2017.

Posisi Plt Sekjen PSSI, membuat Yunus Nusi kini merangkap tiga jabatan, anggota Exco, Ketua Asprov Kalimantan Timur, dan Plt Sekjen.

Bek Swansea City Nathan Tjoe-A-On

Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On Jadi Harapan Baru Timnas Indonesia

PSSI optimistis naturalisasi terhadap dua pesepakbola asal Belanda, Jay Idzes dan Nathan Tjoe A On, akan mengangkat prestasi Timnas Indonesia di pentas Asia.

img_title
VIVA.co.id
5 Desember 2023