PSSI Siapkan Program Bank Pemain

VIVAnews - PSSI menilai faktor kegagalan timnas saat ini disebabkan oleh minimnya pembinaan usia dini. Karena itu, otoritas sepakbola nasional itu berniat untuk membentuk semacam bank pemain guna menampung bibit-bibit pemain muda.

Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal Nugraha Besoes di kantor PSSI, Senayan Jakarta, Kamis 14 Januari 2010. Menurut Nugraha, rencana ini akan dibicarakan lebih lanjut pada Kongres PSSI di Bandung, 15-16 Januari 2010.

"Kami akan menyusun sebuah program pembinaan dan pengembangan usia dini. Rencananya program ini akan digelar di Sawangan, Depok," kata Nugraha.

Menurut Nugraha, pembinaan pemain harus melalui empat tahap. Pertama adalah pemassalan. Program ini menitikberatkan kepada pemain yang masih berusia di bawah 10 tahun. Selanjutnya akan diikuti oleh program pembinaan yang ditujukan kepada pemain berusia di bawah 15 tahun.

Tahap berikutnya baru pematangan untuk pemain berusia di bawah 18 tahun. Sedangkan tahap terakhir adalah pemantapan untuk pemain berusia 18 tahun ke atas.

"Kalau tahapan ini dilalui dengan baik, kita tidak akan kesulitan lagi untuk mendapatkan pemain timnas yang berkualitas," kata Nugraha.

Untuk memuluskan program pembinaan pemain, PSSI juga akan melakukan kerjasama dengan Asosiasi Sepakbola Australia. Nota kesepahaman (MoU) rencananya akan ditandangani saat Kongres PSSI.

"Sebelumnya kita akan bahas seperti apa sistem kerjasamanya. Semuanya akan kita tuangkan dalam sebuah MoU pada kongres nanti," pungkasnya.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp100 Juta Jadi Tersangka
Erik Ten Hag

Ten Hag Bawa 3 Pemain Man Utd U-18 ke Tim Senior

Manajer Manchester United, Erik ten Hag telah mencermati tiga pemain tim U-18 yang menampilkan performa menarik pekan ini. Dia membawa para pemain tersebut gabung latihan

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024