Zeng Cheng, dari Persebaya hingga Sukses Besar di Liga Super China

Kiper Shanghai Shenhua, Zeng Cheng.
Sumber :
  • instagram.com/zengcheng1/

VIVA – Masih ingat dengan sosok Zeng Cheng? Kiper Timnas China ini sempat memperkuat Persebaya Surabaya di Divisi Utama Liga Indonesia 2005.

Persebaya Ditahan Imbang Persita, Pemain Ini Jadi Sorotan

Saat itu, Zeng Cheng dipinjamkan dari klub Liga Super China (CSL) Wuhan Guanggu, demi mendapatkan kesempatan bermain lebih banyak. Dia memanfaatkan kesempatan tersebut dengan tampil dalam 31 pertandingan bersama Persebaya di Liga Indonesia dan Liga Champions Asia.

Tampil apik bersama Persebaya, membuat Guanggu memanggil kembali Zheng di musim 2006. Pada 2009, Zheng hijrah ke klub China lainnya, Henan Jianye. Di situ, dia mendapatkan tempat utama menggantikan posisi Zhou Yajun.

Persebaya Surabaya Main Imbang Melawan Persita Tangerang

Titik balik Zheng adalah saat hijrah ke Guangzhou Evergrande pada 2013, dengan status bebas transfer. Dia membuat terkesan pelatih legendaris Italia, Marcelo Lippi, yang menangani Guangzhou.

Di musim itu, Zheng tampil brilian dengan membawa Guangzhou juara CSL. Dia juga hanya kebobolan 16 gol dan mencatat 13 clean sheet dalam 27 pertandingan liga.

Persebaya Surabaya Waspadai Kekuatan Persita Tangerang

Penampilan apik Zheng berlanjut di Liga Champions Asia. Dia membawa Guangzhou juara usai menaklukkan klub Korea Selatan FC Seoul dengan keunggulan gol tandang.

Total, Zheng berhasil enam kali membawa Guangzhou juara CSL pada 2013, 2014, 2015, 2016, 2017, dan 2019. Dia juga dua kali juara Liga Champions Asia, sekali juara Piala FA China dan tiga kali juara Piala Super China.

Untuk pencapaIan individu, Zheng sukses meraih tiga gelar kiper terbaik. Dia juga tiga kali masuk dalam tim terbaik CSL. Di Timnas China, Zheng tampil dalam 42 pertandingan.

Pada musim 2020 ini, Zheng meninggalkan Guangzhou. Dia dipinjamkan ke Shanghai Greenland Shenhua.

Zheng cukup aktif di media sosial Instagram. Menariknya, banyak yang berharap kiper 33 tahun ini kembali memperkuat Persebaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya