Resmi, Liga 1 dan 2 Musim 2020 Lanjut

Laga Liga 1 2020, Persebaya Surabaya takluk dari Persipura Jayapura
Sumber :
  • Instagram Persebaya Surabaya

VIVA – PSSI resmi memutuskan untuk melanjutkan Liga 1 dan 2 musim 2020 untuk dilanjutkan. Setidaknya, pada September atau Oktober 2020, Liga 1 dan 2 akan digelar kembali.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Keputusan ini diambil setelah rapat virtual Komite Eksekutif (Exco) PSSI digelar pada Rabu 16 Juni 2020. Putusan itu diambil Exco PSSI setelah melalui berbagai tahapan.

Salah satunya, adalah diskusi dengan klub-klub peserta Liga 1 dan 2. Dari hasil diskusi tersebut, PSSI menemukan kesimpulan, mayoritas klub mau kompetisi dilanjutkan.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

PSSI juga sudah berkoordinasi dengan Asosiasi Pelatih Sepakbola Indonesia (APSSI) dan Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI). Dari hasil pertemuan dengan dua elemen itu, PSSI menemukan fakta mereka juga mau kompetisi dilanjutkan.

"Usai kompetisi dihentikan, kami intens berkomunkasi dengan klub-klub. Mereka sepakat, kompetisi harus dilanjutkan. Kami bawa ke rapat Exco dan dengan ini, PSSI memutuskan melanjutkan kompetisi," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dilansir situs resmi.

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

Namun, kompetisi dilanjutkan dengan berbagai catatan. Di tengah pandemi virus corona COVID-19, prosedur keselamatan dan kesehatan harus dijalankan.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan saat membuka Liga 1 2020

Kementerian Pemuda dan Olahraga sebelumnya sudah mengeluarkan Surat Edaran terkait protokol penyelenggaraan olahraga nasional. PSSI juga harus menyusun protokol kesehatan tersendiri agar kompetisi bisa aman untuk dijalankan.

"Tentu lanjutan kompetisi nanti akan dilakukan sesuai protokol kesehatan. Pekan lalu, PT Liga Indonesia Baru juga sudah memaparkan teknis pelaksanaan lanjutan kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2020 kepada PSSI termasuk periodisasi, dari awal hingga ujung kompetisi. Saat ini PSSI sedang menyusun semua regulasi kompetisi lanjutan nanti seperti regulasi kesehatan, permainan, media, dan lain-lain," ujar Plt Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya