Bungkam Persibat, Sriwijaya FC Kokoh di Puncak Grup Barat

Pertandingan Liga 2 2019.
Sumber :
  • Instagram/@sriwijayafc.id

VIVA – Duel sengit terjadi di Stadion Gelora Jakabaring, Palembang, saat Sriwijaya FC menjamu Persibat Batang dalam matchday 17 Grup Barat Liga 2 2019. Pasukan Kas Hartadi berhasil memetik poin penuh usai meraih kemenangan tipis 2-1 atas Persibat, Sabtu 21 September 2019 WIB.

Bhayangkara FC Resmi Terdegradasi ke Liga 2

Pertandingan baru berjalan delapan menit, Sriwijaya FC sudah mengancam gawang Persibat. Berawal dari umpan sepak pojok Yohanis Nabar, bola berhasil ditanduk penyerang veteran, Yongki Ariwibowo. Sayang, bola sundulan eks pemain Arema FC ini masih melambung.

Sriwijaya FC nyaris memecah kebuntuannya pada menit 35. Mendapat umpan panjang dari lini tengah, Ahmad Ihwan yang berdiri bebas tanpa pengawalan dengan leluasa menanduk bola ke arah gawang. Sayang, bola sundulan Ihwan justru malah meluncur tipis di sisi kanan gawang Mukti Alhaq.

Kisah Andik Vermansah, Sempat Jadi Rebutan Klub Top Dunia Kini Terseok-seok di Liga 2

Baik Sriwijaya FC maupun Persibat sama-sama belum bisa mencetak gol hingga pertandingan babak pertama usai. Skor imbang 0-0 menjadi hasil sementara laga ini.

Kebuntuan Sriwijaya FC akhirnya pecah pada menit 51. Berawal dari umpan silang yang dilepaskan pemain pengganti, Siswanto, yang baru berada semenit di lapangan. Bola melengkung dari sisi kanan berhasil disambut dengan aksi diving header oleh Yohanis. Bola sundulannya bersarang di sisi kanan gawang tanpa bisa dihentikan Mukti Alhaq.

Persikabo 1973 Jadi Tim Pertama yang Terdegradasi dari Liga 1 Musim Ini

Keunggulan Sriwijaya FC ternyata hanya bertahan sembilan menit saja. Sebab, Persibat mampu menyamakan kedudukan lewat aksi Mukmin. Berawal dari kemelut yang terjadi di depan gawang Sriwijaya FC, pemain yang beroperasi di sektor bek kiri tersebut datang menyambar bola liar dari sisi kiri. Sepakan first time Mukmin masuk ke gawang tanpa bisa dihentikan kiper Sriwijaya, Galih Sudaryono.

Pertandingan ini berjalan cukup keras. Hingga menit 63, tercatat ada 19 pelanggaran yang terjadi di lapangan. Tak cuma itu, dua pemain belakang Sriwijaya FC, Zulkifli Syukur dan Bobby Satria bahkan mengalami cedera dan harus ditarik ke luar lapangan.

Menit 74, Yohanis nyaris mencatatkan kembali namanya di papan skor. Memanfaatkan crossing Yericho Christiantoko, eks pemain Persidafon Dafonsoro ini berhasil melepas sepakan first time. Namun, bola sepakannya sempat membentur tanah sehingga menjadi lemah dan mudah ditangkap Mukti Alhaq.

Beberapa saat berselang, giliran Yericho yang mendapat peluang lewat tendangan bebas. Akan tetapi, tendangan melengkung yang diarahkan Yericho ke tiang jauh berhasil ditepis oleh Mukti. 

Sriwijaya kembali memimpin usai gol Yongki pada menit 86. Setelah menjadi pencetak gol pertama, Yohanis jadi kreator gol kedua. Umpan silang mendatar Yohanis dari sisi kanan langsung disambar dengan sebuah tembakan keras dari dalam kotak penalti oleh Yongki. Bola meluncur deras dan membuat Mukti tak bisa berbuat banyak untuk mengamankan gawangnya.

Gol tersebut ternyata jadi yang terkahir tercipta dalam pertandingan ini, sekaligus mengunci kemenangan 2-1 Sriwijaya FC atas Persibat. Kemenangan ini mengokohkan Laskar Wong Kito di puncak klasemen sementara Grup Barat, dengan catatan 34 poin. Sementara bagi Persibat kekalahan ini tak mengubah posisi Arif Budiyono cs di urutan sembilan dengan catatan 16 poin. 

Susunan Pemain:

Sriwijaya FC: Galih Sudaryono (gk); Zulkifli Syukur (Akbar Zakaria'8), Bobby Satria (Juliandri'60), Ambrizal, Yericho Christiantoko, Ryan Wiradinata, Hendra Ridwan, Yohanis Nabar, Yongki Ariwibowo, Hendri Satriadi (Siswanto'50), Ahmad Ihwan.

Persibat Batang: Mukti Alhaq (gk); Arif Budiyono, Reksa Satata, Lucky Oktavianto, Mukmin, Adit Wafa, Sandi Septian, Siswanto Junior (Roni Saputro'64), Imam Witoyo, Dani Marvelous.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya