Timnas Indonesia Vs Vietnam, Waktunya Lerby Eliandry dan Otavio Dutra

Bek naturalisasi tim nasional Indonesia, Otavio Dutra
Sumber :
  • instagram.com/otaviodutra5_indonesia/

VIVA – Timnas Indonesia menjamu Vietnam di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali dalam lanjutan Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Selasa 15 Oktober 2019 malam WIB. Laga yang terlalu mepet waktu persiapannya karena lima hari sebelumnya skuat Garuda melawat ke markas Uni Emirat Arab.

Ini tentu menjadi pekerjaan rumah yang berat bagi pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy. Dia harus menyiapkan pemain agar mampu memutus tren negatif usai di tiga laga sebelumnya selalu kalah.

Pengamat sepakbola Indonesia, Mohamad Kusnaeni menilai rotasi wajib dilakukan oleh Simon. Selain memberi waktu istirahat pada pemain, rotasi juga menjadi peluang bagi pemain lain untuk tampil membela Timnas.

Media AS Sorot Kemenangan Timnas Indonesia Atas Vietnam: Patut Mendapat Pujian

Di lini depan, sosok Alberto Goncalves yang tak tergantikan bisa diistirahatkan dan memberi kesempatan pada Lerby Eliandry untuk unjuk gigi. Pun dengan Andik Vermansah yang kurang maksimal ketika berhadapan dengan UEA. Riko Simanjuntak dan Saddil Ramdani bisa jadi pengganti sepadan untuk laga ini.

"Menurut saya dalam keadaan seperti ini coba mainkan Lerby. Kasih dia kesempatan. Saya lihat perlu ada perubahan di lini serang. Kasih kesempatan buat Lerby atau Riko main dari awal," ujar pria 52 tahun kepada VIVAnews, Selasa 15 Oktober 2019.

6 Tim Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Gimana Peluang Timnas Indonesia?

Tak hanya lini depan, pos jantung pertahanan juga wajib mendapat rotasi. Otavio Dutra yang baru saja dilantik menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) bisa jadi duet maut jika dipasangkan dengan Hansamu Yama Pranata.

"Keduanya juga main bersama di klub yang bisa jadi nilai plus untuk timnas. Bayu Pradana juga bisa dimainkan bersama Zulfiandi untuk mengatasi kengototan pemain Vietnam di lini tengah," kata Kusnaeni.

"Pemain lokal seperti Irfan Bachdim dan Stefano Lilipaly juga bisa diturunkan sejak awal. Dengan bermain di kandang sendiri, mereka diharapkan memunculkan aura positif untuk Timnas," lanjutnya.

Baca juga:

Timnas Disarankan Tampil 'Nothing to Lose' Kontra Vietnam

5 Pertemuan Terakhir Timnas Indonesia Vs Vietnam, Siapa Menang?

Siaran Langsung Sepakbola Hari Ini, 2 Timnas Indonesia Beradu Nasib

Bukti Indonesia Terlalu Superior untuk Vietnam

FOKUS: Luka Timnas Indonesia, Hadapi Vietnam dengan Wajah Babak Belur

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya