8 Fakta Unik Piala Dunia U-20, Indonesia Pasti Bangga Jadi Tuan Rumah

Indonesia resmi jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada tahun 2021
Sumber :
  • instagram.com/vivanewscom/

VIVA – Indonesia resmi telah ditunjuk FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 mendatang. Keputusan tersebut diambil dalam sela-sela FIFA Meeting Council yang berlangsung di Shanghai, China pada 23-24 Oktober 2019.

5 Fakta Menarik LaLiga Hingga Pekan Kesembilan, Nomor 2 Kejutan

Selain Indonesia, FIFA juga mendapatkan pengajuan proposal dari Brasil dan Peru untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Akan tetapi, diputuskan Peru mendapat jatah tuan rumah Piala Dunia U-17.

Ini merupakan sebuah hasil manis dari penantian panjang dan kerja keras insan sepakbola Tanah Air untuk mewujudkan mimpi Indonesia bisa tampil sebagai tuan rumah ajang sepakbola paling tertinggi.

Langkah Tegas PSSI Basmi Sepakbola Gajah di Liga 3

Meski hanya untuk kategori umur di bawah 20 tahun, namun ini tentu jadi torehan apik yang bersejarah. Tentunya, kabar gembira ini pun langsung disambut antusias dan untaian doa oleh para pencintas si kulit bundar di Tanah Air.

Lantas hal menarik apa sajakah dari gelaran yang bakal dihelat 10 stadion di seluruh Indonesia itu? berikut sejumlah fakta menarik dari Piala Dunia U-20 :

Pemain Keturunan Bisa Bela Timnas U-19 di Piala Dunia U-20, Siapa Dia?

1. Sebelum bernama resmi “FIFA U-20 World Cup”, turnamen antar negara kategori usia di bawah 20 tahun tersebut berlabel “FIFA World Youth Championship” sejak tahun 1977 hingga tahun 2005 silam.

2. Indonesia menjadi negara ke-23 dan yang menggelar Piala Dunia U-20 edisi ke-23 pada tahun 2021. Turnamen ini digelar setiap dua tahun sekali.

3. Sementara itu,  tim nasional Argentina didaulat sebagai pemilik gelar Piala Dunia  U-20 terbanyak dengan 6 kali pernah tampil sebagai juara di ajang ini.

4. Belum ada satu negara pun yang dipercayakan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 lebih dari satu kali.

5. Negeri tetangga satu rumpun, Malaysia sudah jauh lebih dulu menghelat gelaran akbar tersebut pada tahun 1997 silam.

6. Eks pelatih timnas Indoesia, Luis Milla Aspas ternyata pernah memboyong skuat timnas Spanyol ke ajang ini pada edisi tahun 2009 lalu, saat berlangsung di Mesir. Sayang, torehan Milla saat itu hanya mampu melaju hingga babak perempatfinal.

7. Deretan bintang sepakbola legendaris ternyata juga banyak yang sukses berkat menjadi jebolan ajang Piala Dunia U-20. Sebut saja Diego Maradona, Lionel Messi, Sergio Agüero, John Obi Mikel serta Paul Pogba pernah berjaya digelaran tersebut.

8. Ada dua negara kompetitor Indonesia yang berani bersaing untuk bisa dipercaya FIFA untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada tahun 2021 yakni Brasil dan Peru.    

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya