Dilibas Thailand, Timnas Indonesia Gagal Juara Piala AFF Futsal 2019

Timnas Futsal Indonesia Vs Thailand
Sumber :
  • https://twitter.com/affpresse

VIVA – Timnas Futsal Indonesia harus mengubur impian untuk menjuarai Piala AFF 2019. Skuat Garuda dilibas 0-5 dalam laga final yang digelar di Phu Tho Indoor Stadium, Ho Chi Min City, Vietnam, Minggu 27 Oktober 2019.

Ngeri, Timnas Indonesia Bantai Macau 12-0 di Kualifikasi Piala Asia Futsal

Timnas Indonesia dibuat kesulitan dengan permainan cepat dan pressing ketat pemain Thailand. Babak pertama, Thailand langsung mengambil alih penguasaan bola. Sementara Timnas Indonesia terpaksa dibuat bertahan, sambil sesekali melakukan serangan balik dari kesalahan pemain Thailand.

Dominasi Thailand berujung gol pada menit ke-10. Muhammad Ousamanmusa berhasil mencatatkan namanya di papan skor. Gol bermula dari tendangan sudut Kritsada Wongkaeo. 

Dukung Peningkatan Prestasi Futsal, Beasiswa Bakal Dibagikan ke Pemain Muda Berbakat

Lepas dari penjagaan, Muhammad dengan mudah menyambar bola dan Iksan Rahadian harus dipaksa memungut bola dari gawangnya. 

Tertinggal satu gol, Indonesia coba membalas. Andri Kustiawan dan Iqbal Iskandar berhasil mendapatkan sejumlah peluang. Namun, penyelesaian akhir yang belum sempurna membuat gol sulit didapatkan.

Masa Depan Timnas Futsal Indonesia Menjanjikan

Alih-alih menyamakan kedudukan, Indonesia malah kembali kebobolan. Suphawut Thueanklang berhasil melebarkan jarak lewat second penalty pada menit ke-17.

Pada sisa waktu yang ada, Indonesia mencoba melakukan serangan, Namun, hingga babak pertama usai skor bertahan 2-0 untuk Thailand.

Memasuki babak kedua, Thailand tak menurunkan serangannya. Tiga menit berjalan mereka berhasil menambah keunggulan. Kali ini melalui Warut Wangsama-aeo. Skor 3-0 untuk Thailand.

Pada menit ke-28, pertandingan sempat memanas. Hal itu dipicu karena pelanggaran keras pemain Thailand kepada Iqbal Iskandar. Keributan sempat meluas ke ofisial kedua tim. Namun, situasi kembali dingin setelah wasit memberikan teguran keras.

Tertinggal tiga gol, Indonesia terus berusaha menciptakan gol. Lima menit waktu tersisa, pelatih Kensuke Takahashi melakukan strategi power play. Namun, percobaan itu malah berbuah gol untuk Thailand.

Kesalahan umpan yang dilakukan Ardiansyah Nur dapat dimanfaatkan oleh Kritsada Wongkaeo. Pemain nomor tujuh itu jeli melihat gawang Indonesia yang kosong. Tendangan kaki kirinya menghujam deras dan membuat Thailand unggul 4-0.

Pada menit ke-38, Runtuboy melakukan tendangan keras dari luar kotak penalti. Bola berhasil melewati sela-sela kaki pemain Thailand. Namun, Kattawut Hankampa masih cukup sigap mengamankan gawangnya.

Memasuki menit-menit akhir, gawang Indonesia kembali bobol melalui gol kedua Kritsada yang memanfaatkan kesalahan pemain Indonesia saat melakukan strategi power play. Gol itu sekaligus menutup pertandingan dengan skor 5-0. 

Indonesia kembali gagal meraih juara di Piala AFF Futsal. Namun, raihan runner up tahun ini lebih baik dari edisi 2018, yang mana kala itu Indonesia ada di peringkat ketiga.

Bagi Thailand, ini adalah gelar ke-15 sepanjang perhelatan AFF Futsal sejak 2011. Sedangkan Indonesia baru mendapatkan satu gelar yakni pada Piala AFF Futsal 2010.


Susunan Pemain

Timnas Indonesia: M. Iksan Rahadian (GK), Marvin Alexa Wossiry, Muhammad Rizki Xavier, Mochammad Iqbal Iskandar, Andri Kustiawan

Cadangan: Muhammad Albagir, Rio Pangestu Putra, Ardiansyah Nur, Bambang Bayu Saptaji, Ardiansyah Runtuboy, Firman Adriansyah, Randy Satria Mushar, Syahidansyah Lubis, M. Subhan Faidasa

Thailand: Kanison Phoopun (GK), Warut Wangsama-aeo, Ronnachai Jungwongsuk, Mohammad Ousamanmusa, Apiwat Chaemcharoen

Cadangan: Kattawut Hankampa (GK), Jirawat Sornwichian, Kritsada Wongkaeo, Suphawut Thueanklang, Nattawut Madyalan, Watchara Laisri, Pornmongkol Srisubseang, Jetsada Chudech, Chaivat Jamgrajang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya