Jenderal Lemhanas di Tubuh PSSI

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/hp.

VIVA – Jenderal yang bertugas di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) kini mendominasi di kepengurusan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk periode 2019-2023. Ada tiga nama yang terpilih menjadi pengurus federasi pada Kongres Pemilihan, Minggu 2 November 2019 di Jakarta.

Top Trending: 10 Jenderal Lulusan Akpol 1996, Pemilik BCA Jadi Nasabah BRI, Keluarga Vina Diteror

Mochamad Iriawan terpilih sebagai Ketua Umum PSSI dengan raihan 82 suara. Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menang mutlak dari calon lainnya yang bertahan, Rahim Soekasah dan Arif Putra Wicaksono.

Mengutip laman resmi Lemhanas, Iwan Bule saat ini menjabat Sekretaris Utama. Berasal dari Kepolisian Republik Indonesia, pangkat pria berusia 57 tahun itu sekarang adalah Komisaris Jenderal Polisi.

Terpopuler: Ciri-ciri Pembunuh Vina Cirebon yang Masih Berkeliaran, Sosok Jenderal Pembangkang Orba

Nama lainnya adalah Cucu Sumantri. Pria berpangkat Mayor Jenderal TNI tersebut menduduki jabatan Wakil Ketua Umum PSSI. Pada Kongres Pemilihan, dia mendapatkan 81 suara, paling banyak dibanding kandidat lainnya.

Cucu berkarier di Lemhanas sejak 14 Agustus 2019. Dia menjadi pengkaji bidang Geografi. Lahir di Bandung, Jawa Barat, usinya kini sudah menginjak 57 tahun.

Shin Tae-yong Tak Gentar dengan Target Tinggi dari PSSI

Jenderal yang berasal dari Lemhanas lainnya, Sonhadji juga masuk menjadi anggota Komite Eksekutif PSSI. Pada Kongres Pemilihan, total suara yang diraup mencapai 58.

Sonhadji memiliki pangkat Mayor Jenderal TNI. Di Lemhanas, dia bertugas sebagai pengajar bidang Geostrategi dan Ketahanan Nasional sejak 9 Maret 2018.

Ada satu nama lagi yang berasal dari Lemhanas, yakni Agus Radar Sucahyo. Akan tetapi pada Kongres Pemilihan, kemarin dia gagal mendapatkan suara yang cukup untuk menjadi Anggota Exco PSSI.

Agus memiliki pangkat Marsekal Pertama TNI. Saat ini dia menjabat sebagai Direktur Pengkajian Pertahanan Keamanan dan Geografi Kedeputian Pengkajian Lemhannas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya