Parkir Dutra, Persebaya Bantah Karena Petisi Bonek

Bek Persebaya Surabaya, Otavio Dutra.
Sumber :
  • VIVA/Rahmad Noto (04-02-18)

VIVA – Sosok Otavio Duta sempat menjadi sorotan saat Persebaya menghadapi tuan rumah Madura United di Stadion Gelora Bangkalan, Senin kemarin 2 Desember 2019. Sebab, pemain naturalisasi itu tak diturunkan Persebaya sejak menit pertama.

Keluar dari Zona Degradasi, Arema FC Fokus Tatap 2 Laga Sisa

Dalam laga yang berakhir 3-2 untuk kemenangan Persebaya itu, Dutra baru tampil di menit 62. Itupun setelah pemain belakang Persebaya, Hansamu Yama mengalami cedera dan harus dilarikan ke rumah sakit akibat benturan dengan pemain MU. Saat itu Persebaya masih tertinggal 1-2.

Ada anggapan, Dutra diparkir di bangku cadangan lantaran sebelumnya beredar petisi dari pendukung Persebaya, bonek, yang meminta pemain Timnas Indonesia itu tidak diturunkan hingga akhir musim. Petisi beredar karena performa buruk Dutra saat Persebaya ditahan imbang Semen Padang 1-1.

Persebaya Bertekad Bangkit Lawan Persib

Namun Pelatih Persebaya, Aji Santoso membantah bahwa dirinya memarkir Dutra karena desakan bonek. Melainkan murni karena perhitungan teknis dan fisik pemain yang keletihan akibat jadwal padat kompetisi.

"Saya tidak memainkan Dutra bukan karena ada petisi atau lain-lain. Tapi karena yang tahu keseharian di lapangan adalah pelatih, yang jelas saya mencadangkan Dutra karena recovery training," kata Aji.

Liga 1 Ditunda karena Piala Asia U-23, Bos Persebaya: Bang Erick Thohir Sedang Semangat

Dijelaskan Aji, bukan hanya Dutra saja pemain pilar yang menjadi di bangku cadangankan saat laga melawan Madura United. Pencetak gol penentu kemenangan Irfan Jaya juga turun dari bangku cadangan.

"Saya memang melakukan rotasi, terbukti pemain-pemain yang saya pasang seperti M. Saifudin, Hidayat, Abu Rizal dan Elisa Basna sangat efektif. Saya tekankan bahwa pemain-pemain yang saya rotasi adalah pemain yang dalam kondisi bugar," ujar pelatih 49 tahun ini.

Bhayangkara FC vs Barito Putera

Hasil Liga 1: Bhayangkara FC Pesta Gol, Duel Dewa United vs Madura United Dihentikan

Ada sejumlah pertandingan Liga 1 di antaranya Bhayangkara FC menghadapi Barito Putera hingga Dewa United berhadapan Madura United.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024