Fakta-fakta Memilukan Usai Timnas Indonesia U-22 Ditaklukkan Vietnam

Laga final sepakbola SEA Games 2019 antara Timnas Indonesia U-22 vs Vietnam U-22
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/

VIVA – Ambisi untuk meraih medali emas SEA Games 2019 harus musnah. Mimpi itu sirna, Timnas Indonesia U-22 ditaklukkan Vietnam di partai final. Berlaga di Stadion Rizal Memorial, Selasa 10 Desember 2019, Garuda Muda tak berkutik dan dihujani tiga gol tanpa balas.

Ini Sosok Wasit yang Pimpin Duel Timnas Indonesia U-23 Vs Australia, Kontroversial Lagi?

Striker Timnas U-22, Osvaldo Haay, yang tampil gemilang di laga sebelumnya, mati kutu pada laga tersebut. Dia ditempel ketat oleh pemain belakang Vietnam. Selain itu, Osvaldo juga tak banyak mendapatkan asupan umpan-umpan matang dari lini kedua.

Di sisi lain, gol kemenangan Vietnam dicetak melalui brace Doan Van Hau, menit ke-40 dan ke-73, serta satu gol dari Do Hung Dung menit ke-59. 

Dulu Bawa Indonesia Sabet Emas SEA Games, Pramudya Kusumawardana Kini Bela Australia

Kekalahan itu membuat asa Indonesia untuk menyudahi puasa medali emas SEA Games sejak 1991 harus pupus. Berikut fakta-fakta memilukan usai Timnas Indonesia U-22 dikalahkan Vietnam:

- Vietnam Lebih Efisien 

Gelar Rakernas, PB Akuatik Indonesia Susun Rencana Mulai PON 2024 Menuju Prestasi Dunia

Pada laga tersebut, Timnas U-22 mencatatkan 65 persen penguasaan bola dan melepaskan enam kali percobaan tendangan ke gawang dengan lima di antaranya tepat sasaran. Namun, usaha Timnas U-22 sama sekali tak membuahkan hasil.

Berbeda dengan pasukan Park Hang-seo yang bermain lebih efisien. Meski kalah dalam penguasaan bola, Vietnam mampu menyiksa Timnas U-22. Vietnam melakukan lima kali percobaan tendangan dengan empat di antaranya tepat sasaran, serta membuahkan tiga gol

- Kekalahan Terbesar Indonesia di Final SEA Games

Ini menjadi kekalahan terbesar Indonesia pada final SEA Games sepanjang sejarah. Dari enam penampilan sebelumnya di laga final, Indonesia tidak pernah kalah dengan skor telak. Indonesia dua kali kalah dengan skor 0-1 dari Malaysia (SEA Games 1979) dan Thailand 0-1 (SEA Games 2013).

Sedangkan satu kekalahan lain terjadi di final SEA Games 1997 yang berlangsung di Jakarta. Ketika itu Indonesia takluk lewat adu penalti 2-4 (1-1) dari Thailand. Kemudian, Indonesia juga kalah lewat adu penalti pada SEA Games 2011 dari Malaysia 3-4 (1-1).

- Cuma Vietnam yang Tak Bisa Dikalahkan Indonesia

Vietnam menjadi satu-satunya tim yang gagal ditaklukkan Indonesia selama SEA Games 2019, dua kali pertemuan Garuda Muda selalu kalah. Sebelumnya, Indonesia bersua Vietnam pada laga ketiga Grup B. Kala itu, Indonesia takluk 1-2.

- Vietnam Akhiri Puasa, dan Indonesia Berlanjut

Raihan medali emas ini menjadi yang pertama buat Vietnam sejak negeri sosialis itu bersatu. Sebelumnya, mereka pernah meraih juara pada 1959 dengan nama Vietnam Selatan. 

Sebaliknya, Indonesia harus menyimpan harapan meraih emas yang terakhir kali diraih pada SEA Games 1991. Artinya, puasa Indonesia terus berlanjut. Semoga, medali emas di cabang sepakbola bisa diraih pada SEA Games 2021 di Vietnam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya