Bali United Juara Liga 1, Jangan Lupakan Persisam Putra Samarinda

Bali United juara Liga 1 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/aww

VIVA –  Kompetisi Liga 1 2019 sudah selesai. Bali United sukses menjadi juara dengan 64 poin dari 34 pertandingan, unggul 10 angka dari Persebaya Surabaya yang merupakan pesaing terdekat.

Hasil Liga 1: Bali United Lolos ke Championship Series Usai Tekuk Persebaya Surabaya

Ini merupakan gelar perdana Bali United di kompetisi kasta teratas Indonesia. Namun, masih banyak yang belum tahu mengenai asal muasal klub Pulau Dewata ini.

Sebenarnya, Bali United bukanlah klub asli Bali. Dilansir berbagai sumber, klub ini berdiri pada 1989 dengan nama Putra Samarinda. Putra Samarinda tampil di Galatama lalu berkompetisi di Liga Indonesia sejak 1994/95.

Terpopuler: Sindiran Suporter Bali United, Media Asing Puji Indonesia

Selain Putra Samarinda, di Kota Samarinda ada lagi satu klub yakni Persisam Samarinda. Kedua klub ini memilih merger pada 2003 karena kesulitan keuangan. Mereka menggunakan nama Persisam Putra Samarinda dan bermain di Divisi I (setara Liga 2 saat ini).

Di musim 2008/09, Persisam berhasil menjuarai Divisi I yang berganti nama menjadi Divisi Utama. Mereka pun mengantongi tiket promosi ke Indonesia Super League (ISL), yang menjadi cikal bakal Liga 1.

Spanduk Sindiran Suporter Bali United untuk Bhayangkara FC: Degradasi Karma 2017

Di akhir 2014, Persisam yang sempat kembali menggunakan nama Putra Samarinda, diambil alih pengusaha Indonesia, Pieter Tanuri. Mereka pun pindah dari Samarinda ke Bali dan mulai menggunakan nama Bali United. Secara resmi, Bali United berdiri pada 15 Februari 2015.

Sejak itu, Bali United mulai menunjukkan taji di Indonesia. Serdadu Tridatu mencuri perhatian dengan menjadi runner up Liga 1 2017 dan Piala Presiden 2018.

Puncaknya, pada 2019 ini. Bali United menjadi klub terbaik di Indonesia dengan menyabet gelar Liga 1.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya