FOKUS: Belanja Boros Bali United dan Persija 'Ngarep' Evan Dimas

Bali United juara Liga 1 2019
Sumber :
  • Twitter/@BaliUtd

VIVA – Liga 1 2019 sudah berakhir, dengan Bali United sebagai juaranya. Kini, armada Serdadu Tridatu jadi sorotan lagi pasca sukses jadi kampiun. Tentu, belanja boros pasukan Stefano Cugurra Teco yang menyedot perhatian publik. Di sisi lain, ada Persija Jakarta yang santer dikabarkan bakal jadi pelabuhan baru Evan Dimas Darmono.

Persib Bandung dalam Atmosfer Bagus Jelang Lawan Borneo FC

Seperti halnya musim lalu, Bali United kembali menunjukkan agresivitasnya di lantai transfer jelang bergulirnya Liga 1 2020. Sederet nama pemain papan atas resmi didaratkan di Stadion Kapten I Wayan Dipta.

Tercatat sudah ada enam pemain yang sudah diboyong Bali United. Keenam pemain baru Bali United menyebar dari lini pertahanan hingga sektor depan. Apa yang dilakukan Bali United tak lain lantaran Ilija Spasojevic cs akan berlaga di kualifikasi Liga Champions dan Piala AFC 2020.

Respons Pelatih Persib Usai Championship Series Liga 1 Dipastikan Pakai VAR

Pemain Bali United, Muhammad Rahmat (kiri) dan Hariono

Dimulai dari lini belakang. Ada nama penjaga gawang muda Timnas Indonesia U-23, Nadeo Argawinata, yang didatangkan dari Borneo FC. Lalu, ada nama defender Timnas Indonesia, Gavin Kwan Adsit, yang ditransfer dari Barito Putera.

Persib Bandung Tetap Waspadai Borneo FC yang Pincang

Beralih ke lini tengah, eks gelandang serang PSS Sleman, Sidik Saimima, jadi nama baru lainnya. Bali United juga memanfaatkan celah untuk menggaet gelandang pengangkut air, Hariono, yang kontraknya tak diperpanjang Persib Bandung.

Dua pemain baru juga ada di lini depan. Winger lincah, Muhammad Rahmat, resmi bergabung dari PSM Makassar. Sementara itu, Lerby Eliandry, mengikuti jejak Nadeo meninggalkan Borneo dan berlabuh bersama sang juara.

Striker Borneo FC, Lerby Eliandry selebrasi gol

Kabar terakhir, Bali United juga tinggal selangkah lagi bakal menyelesaikan proses transfer Andik Vermansah. Eks winger Persebaya Surabaya dan Selagor FA, disebut sudah berada di Bali setelah memutuskan hengkang dari Madura United. 

Dengan sederet nama baru itu, mampukah Bali United mempertahankan gelar juaranya? Sanggupkah Fadil Sausu dan kawan-kawan menembus putaran final Liga Champions Asia 2020?

Teco Harus Kerja Cepat

Setelah resmi bergabung, keenam pemain ini sudah mengikuti sesi latihan bersama Bali United. Nadeo, Gavin, Sidik, Hariono, Rahmat, dan Lerby, tampak cukup antusias saat ikut memanaskan mesin jelang bentrok melawan wakil Singapura, Tampines Rovers.

Ya, Tampines akan jadi lawan Bali United dalam babak pra-eliminasi tahap pertama. Laga ini jelas tak mudah. Sebab, Bali United harus bertandang ke Jalan Besar Stadium, Singapura, untuk menghadapi runner-up Singapore Premier League 2019, Selasa 14 Januari 2020.

Hanya punya waktu sepekan, Teco harus berpikir keras untuk menyiapkan pasukannya. Tak terkecuali, keenam pemain baru yang lebih dulu harus beradaptasi dengan tim.

"Ya, kami sudah dapat beberapa pemain baru untuk kompetisi tahun 2020 ini. Saya rasa, mereka harus beradaptasi dulu dengan suasana tim disini. Selain itu, mereka juga harus menyesuaikan diri karena berada di kota yang baru juga," ujar Teco dikutip Baliutd.com

.Proses penyesuaian diri keenam pemain ini memang jadi tanggung jawab Teco. Jika para pemain baru ini bisa beradaptasi dengan cepat, maka kedalaman skuat kebanggaan Semeton Dewata akan terjaga.

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco

Teco sempat mengutarakan keyakinannya soal kualitas para pemain tersebut. Punya segudang pengalaman tampil di kompetisi domestik, eks juru taktik Persija Jakarta ini "pede" keenam personel anyarnya bisa menyesuaikan diri dengan taktik dan gaya permainan tim dengan cepat.

"Mereka berempat (sebelum Sidik dan Lerby resmi direkrut) adalah pemain berpengalaman di Liga 1. Jadi, untuk adaptasi rasanya tidak akan menjadi masalah untuk mereka," kata Teco melanjutkan.

"Pemain lainnya yang sudah lebih dulu disini juga harus bantu mereka yang baru bergabung. Dengan begitu tim akan solid saat di lapangan maupun luar lapangan," ucapnya.

Evan Dimas Bikin Geger

Selain Bali United yang jadi perhatian setelah memborong enam pemain baru, Persija pun tak mau kalah. Armada Macan Kemayoran juga tengah santer dikabarkan akan segera mendapatkan salah satu gelandang terbaik Indonesia, Evan Dimas Darmono.

Hasil buruk yang didapat Tim Ibukota musim lalu, membuat Persija berbenah. Hingga saat ini, Persija sudah mendatangkan tiga pemain antar. Persija sepertinya ingin memperkuat sektor pertahanannya. Sebab dari tiga pemain baru, dua diantaranya berposisi sebagai bek.

Otavio Dutra, bek kelahiran Brasil yang sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), resmi berseragam Persija setelah diboyong dari Persebaya. Setelah itu, ada full-back lincah, Alfath Fathier, yang direkrut dari Madura United. Sementara itu, bomber muda, Rafli Mursalim didatangkan dari klub Liga 2, Mitra Kukar.

Bukan itu yang bikin geger. Pernyataan manajer Timnas U-23, AKBP Sumardji, sontak menggemparkan pemerhati sepakbola tanah air. Sebab, pria yang juga menjabat manajer tim Bhayangkara FC ini lah yang justru membocorkan Evan akan bergabung dengan Persija.

Gelandang timnas Indonesia, Evan Dimas Darmono

"Evan sudah ke Persija," ujar Sumardji.

Evan sendiri saat ini belum terikat dengan klub mana pun, setelah kontraknya tak diperpanjang Barito. Persija juga harus bergerak cepat jika memang ingin mendapatkan tanda tangan pemain berusia 24 tahun ini.

Sebab diungkap Evan, ia sudah mendapat sejumlah tawaran dari klub Malaysia dan Thailand. Selain itu, eks penggawa Persebaya ini juga dikabarkan jadi incaran Bali United juga.

"Tergantung dari agen saya. Ada tawaran dari dalam. Tapi luar negeri juga, Malaysia dan Thailand. Belum tahu kelanjutannya," ujar Evan.

Setelah Bali United yang belanja banyak pemain dan isu akan datangnya Evan ke Persija, apa lagi yang akan terjadi dalam bursa transfer Liga 1 2020? Patut dinantikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya