Fakta Aneh di Balik Pemanggilan 3 Pemain Persija ke Timnas Indonesia

Bek tengah Persija Jakarta, Ryuji Utomo
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Tiga pemain Persija Jakarta, Evan Dimas, Osvaldo Haay, dan Ryuji Utomo dipanggil untuk menjalani pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia.

Ini Live Streaming Timnas Indonesia U-23 Vs Korea Selatan di Perempat Final Piala Asia

Pemusatan latihan tersebut digelar pada 23 Juli hingga 8 Agustus 2020 di Jakarta, sebagai rangka persiapan Timnas Indonesia berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Namun, ada yang aneh. Kiper sekaligus kapten Persija, Andritany Ardhiyasa tidak ada dalam pemanggilan tersebut. Padahal, Andritany selama ini menjadi kepercayaan utama di bawah mistar Garuda. 

PSSI Buka Suara soal Nilai Kontrak Shin Tae-yong di Timnas Indonesia hingga 2027

Andritany Ardhiyasa

Pun, Andritany kerap dipercaya menjadi kapten pada beberapa laga Kualifikasi Piala Dunia 2022, ketika Timnas masih dilatih Simon McMenemy. 

Media Asing Beri Julukan untuk Timnas Indonesia U-23: Tim Pengacau

Selain itu, Ryuji mengakhiri tiga tahun penantiannya kembali ke Timnas. Ryuji terakhir kali memperkuat Timnas pada ajang Sea Games 2017 di bawah asuhan pelatih Luis Milla.

Meski begitu, Persija Jakarta tetap bangga bisa menyumbang tiga pemain ke pemusatan latihan Timnas Indonesia. Direktur Olahraga Persija, Ferry Paulus, meminta para pemainnya untuk tampil maksimal.

“Tentu sebuah kebanggaan bagi Persija dapat terus bersumbangsih kepada Indonesia. Kami berharap para pemain memberikan seluruh kemampuannya saat latihan,” kata Ferry dalam laman resmi klub.

Kiper Timnas Indonesia, Andritany Ardhiyasa.

Terkait pemanggilan Ryuji, Ferry mengatakan itu dapat memberikan variasi untuk Timnas. Sebab, di Persija Ryuji sempat ditempatkan gelandang bertahan. 

"Ryuji Utomo sudah layak memperkuat Timnas Indonesia. Dia tampil semakin matang dan konsisten. Musim lalu, dia sempat menjadi gelandang bertahan dan itu adalah opsi yang bagus untuk Timnas Indonesia," tegas Ferry.

Ini menjadi pemusatan latihan Timnas Indonesia edisi kedua di bawah manajer Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Sebelumnya, Timnas Indonesia juga telah mengikuti pemusatan latihan pada Februari lalu.

Di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Indonesia sudah tak punya harapan lagi pasca menelan lima kekalahan dari lima pertandingan. Misi Indonesia kini hanyalah untuk memperbaiki posisi di rangking FIFA.

Baca Juga:

Bela Negara, 3 Pemain Persija Dipanggil TC Timnas Indonesia 
Ternyata, Mike Tyson Belajar dari Panglima Perang Napoleon
Mengharukan, Mike Tyson Menangis Kenang Saat Jadi Monster Tinju

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya