Elkan Baggott, Pemain Darah Campuran Timnas U-19 Buat Panas Persaingan

Pemain darah campuran Indonesia-Inggris, Elkan Baggott.
Sumber :
  • Instagram/ElkanBaggott

VIVA – Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memanggil 46 pemain Timnas U-19 untuk menjalani pemusatan latihan pada 23 Juli hingga 8 Agustus 2020.

Dulu Lawan Sekarang Kawan, Momen Shin Tae-yong Bawa Korsel Bantai Timnas Indonesia U-23

Terdapat sejumlah debutan dalam pemanggilan ini. Salah satunya adalah Elkan Baggott. Jelas, nama Elkan belum familiar di Indonesia ketimbang pemain Timnas U-19 seperti Witan Sulaeman, Beckham Putra, dan Sutan Diego.

Pasalnya, Elkan merupakan pemain darah campuran Indonesia-Inggris. Dia berposisi sebagai bek dan memperkuat klub Inggris, Ipswich Town. Selain Elkan, Tae-yong juga memanggil Deka Muhammad Toha (ASAD 313), Erlangga Setyo Dwi Saputra  (Persib Bandung). 

Media Asing Puji Timnas Indonesia, Penuh Talenta Muda Cemerlang hingga Gol Manjakan Mata

Menteri pemuda dan olahraga (Menpora), Zainudin Amali menanggapi pemanggilan pemain yang dilakukan Tae-yong. Dia mendukung dan mengapresiasi seluruh kebijakan yang dilakakuan Tae-yong bersama PSSI.

Media Korea Selatan Soroti Sepak Terjang Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-23

Dengan adanya pemain-pemain baru, Amali menilai kebijakan itu akan membuat persaingan semakin ketat. Pun, Amali berharap dengan adanya Elkan, dapat menjadi pemacu semangat bagi para pemain lokal.

"Soal pemilihan pemain kami sepenuhnya mendukung. Dan tidak ada masalah juga soal pemain keturunan, dan Kemenpora juga tidak akan mempermasalahkan harus yang lokal. Yang penting pemain berpaspor Indonesia dan mau membela negara," kata Amali, Rabu 22 Juli 2020.

"Buat anak-anak kita yang dari lahir di Indonesia, ini menjadi pemicu semanagat mereka. Namanya juga seleksi, berkompetisi, ada yang terpanggil ada yang dipulangkan. Kami akan dukung, kami tahu apa yang dilakukan PSSI untuk kebaikan timnas," sambungnya.

Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Di sisi lain, TC bakal digelar di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta. TC Ini sebagai persiapan Timnas U-19 menuju  Piala AFC U-19 2020 yang akan berlangsung 14 hingga 31 Oktober mendatang di Uzbekistan.  

Garuda Muda berada di grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran. Dan tahun 2021, skuat Garuda Muda ini juga akan tampil di Piala Dunia U-20 dan Indonesia menjadi tuan rumah.

Baca Juga:

Gila, Mike Tyson Tolak Tawaran 6 Bulan Gaji Ronaldo di Juventus
Kisah Tragis Pesepakbola Inggris, Tewas karena Mulutnya yang Sadis
Kisah Ajaib Kiper Rusia Bangkit dari Koma Setelah Disambar Petir

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya