3 Pemain Timnas Diduga Reaktif COVID-19, Ini Pengakuan PSSI

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan
Sumber :
  • VIVA / Robbi Yanto

VIVA – PSSI menunda pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia dan Timnas U-19. Semestinya, TC dimulai pada Sabtu 25 Juli 2020 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta.

Terpopuler: Pengakuan Shin Tae-yong ke Ernando, Kata Pelatih Australia Usai Dihajar Timnas Indonesia

Ada dugaan penundaan tersebut dikarenakan tiga pemain Timnas Indonesia reaktif COVID-19. Lantas, apa jawaban Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan?

Iriawan membantah isu tersebut. Dia menegaskan penundaan pemusatan latihan murni karena keinginan Tae-yong. Mantan pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu menginginkan pemain menjalani swab test sebanyak dua kali. Pun, hasil swab test pertama yang dijalani baik-baik saja.

Prediksi Piala Asia U-23: Yordania vs Timnas Indonesia

"Enggak ada (isu reaktif COVID -19), sementara oke semua. Cuma latihan ditunda karena Tae-yong tidak mau sekali tes, dia maunya dua kali. Tae-yong juga masih isolasi mandiri di apartemennya," kata Iriawan, Senin 27 Juli 2020.

Pemain Timnas U-19 jalani Swab Test

Ditanya Kontrak STY, Erick Thohir Sebut Sepakbola Indonesia di Jalur yang Tepat

Iriawan menjelaskan, saat ini PSSI sedang menunggu hasil tes kedua yang kemungkinan bakal keluar tiga sampai empat hari ke depan, kemudian baru menggelar TC pada 1 Agustus 2020.

"Tae-yong meminta mereka diisolasi dulu, kemudian akan ada hasil swab kedua yang akan keluar 3-4 hari ke depan. Kita latihan ini harus betul-betul pelatih yang menentukan," ucapnya.

"Itu permintaan Tae-yong sehingga kita akan mulai latihan tanggal 1 Agustus. Nanti malam saya dan Tae-yong juga akan membahas bagaimana kelanjutannya. Setelah kami berkoordinasi, nanti malam akan saya putuskan," tegasnya.

Tae-yong saat ini sudah memanggil 75 pemain dengan rincian 29 Timnase senior, dan 46 Timnas U-19. Bagi timnas Indonesia, TC ini sebagai persiapan menghadapi tiga pertandingan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022. 

Tiga laga tersebut yakni melawan tuan rumah Thailand (8 Oktober 2020), menjamu Uni Emirat Arab (13 Oktober 2020), dan tandang ke Vietnam (12 November 2020 ). 

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Selain itu untuk menghadapi Piala AFF pada bulan November-Desember mendatang. Timnas Indonesia terakhir melakukan TC pada bulan Februari lalu di Jakarta.

Sedangkan timnas U-19 digembleng di TC ini untuk mengikuti Piala AFC U-19 2020 yang akan berlangsung 14 hingga 31 Oktober mendatang di Uzbekistan. 

Garuda Muda berada di grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran. Dan tahun 2021, skuat Garuda Muda ini akan tampil di Piala Dunia U-20 yang notabene Indonesia menjadi tuan rumah.

Baca Juga:

Sadis, Penampakan Seragam Tempur Tandang Timnas Indonesia
Ketum PSSI Iwan Bule ke Shin Tae-yong: Kalahkan Vietnam Gasak Thailand
Mukjizat Aston Villa Selamat di Premier League, 2 Klub Jadi Pecundang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya