Piala AFF 2020 Resmi Ditunda, Enggan Main-main dengan COVID-19

Para pemain Timnas Indonesia usai kalah dari Thailand di ajang Piala AFF 2018
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Piala AFF 2020 akhirnya resmi ditunda. Konfederasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) memberi kepastian tersebut lewat siaran pers-nya, Kamis 30 Juli 2020.

Mengejutkan! Rangking FIFA 8 Negara Eropa Ini Ada di Bawah Timnas Indonesia

Sedianya kejuaraan dua tahunan ini berlangsung pada Desember 2020. Namun, karena pandemi virus corona yang tak kunjung mereda, keputusan ditunda jadi final.

(Baca juga: Piala AFF 2020 Batal, PSSI Santai Soal Jadwal Barunya)

Timnas U23 Dicurangi Wasit, Fitri Carlina Sangat Kecewa dan Ungkapkan Kekesalannya

Piala AFF 2020 ini sudah direncanakan bergulir dengan sistem kandang dan tandang. Sedangkan kondisi di tiap negara Asia Tenggara sekarang ini amat berbeda.

Di Indonesia saja misalnya, kasus orang yang positif COVID-19 terus bertambah. Tentu akan sulit bagi AFF untuk memaksakan ajang ini lanjut tanpa ada kepastian.

Kisah Andik Vermansah, Sempat Jadi Rebutan Klub Top Dunia Kini Terseok-seok di Liga 2

"Sejak dimulainya COVID-19, AFF telah secara ketat memantau panduan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Kementerian Kesehatan, lembaga pemerintah, FIFA, dan AFC," ujar Presiden AFF, Khiev Sameth.

"Seperti yang Anda ketahui, pandemi ini terus menimbulkan tantangan kesehatan, sosial, dan ekonomi yang sangat besar bagi kita semua. Prioritas AFF adalah kesehatan dan keselamatan keluarga sepakbola."

AFF memastikan untuk 2020 ini Piala AFF tidak ada. Kemungkinan digeser ke 2021, tapi untuk waktu tepatnya masih jadi bahan diskusi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya