Spesialis Runner Up, 'Warisan' Belanda untuk Timnas Indonesia

Indonesia vs Belanda
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA – Peringatan kemerdekaan Republik Indonesia jatuh pada hari ini, Senin 17 Agustus 2020. Saat ini, Tanah Air sudah berumur 75 tahun.

Lupakan Kekalahan dari Qatar, Timnas Indonesia U-23 Harus Fokus Benamkan Australia

Sebelum merdeka, tercatat ada enam negara yang menjajah Indonesia. Yakni, Portugal, Spanyol, Belanda, Prancis, Inggris, dan Jepang.

Belanda merupakan negara yang paling lama menjajah Indonesia, selama 350 tahun. Maka tak heran, ada banyak warisan Belanda untuk Ibu Pertiwi.

Prediksi Piala Asia U-23: Timnas Indonesia vs Australia

Salah satunya, di ajang sepakbola. Indonesia tercatat sebagai negara Asia pertama yang tampil di Piala Dunia. Dengan nama Hindia Belanda, Tim Merah Putih tampil di Piala 1938 Prancis.

Bukan itu saja, Indonesia juga "diwarisi" Belanda menjadi spesialis runner up. Meski berada di level berbeda, Indonesia dan Belanda sering sial saat tampil di final dan harus puas menduduki posisi kedua.

Hasil Qatar Vs Timnas Indonesia U-23 Dibatalkan karena Protes ke AFC? Begini kata Sang Manajer

Pertandingan final UEFA Nations League 2018/2019 antara Portugal vs Belanda

Meskipun memiliki banyak pemain berkelas, Belanda belum pernah menjuarai Piala Dunia. Prestasi terbaik Die Oranje adalah tiga kali menjadi runner up pada 1974, 1978 dan 2010.

Di UEFA Nations League 2019, Belanda kembali menembus final. Lagi-lagi, kutukan runner up belum berhenti. Mereka kalah 0-1 dari Portugal di partai puncak.

Timnas Senior Indonesia

Sementara itu, kutukan runner up membayangi Indonesia di Piala AFF. Lima kali menembus final, Tim Merah Putih tak pernah keluar sebagai juara. Indonesia harus puas menempati posisi kedua pada 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016.

Baca juga:

Timnas Indonesia U-19 ke Luar Negeri, Setelah Itu Menuju Uzbekistan

Mental Pemain Timnas Indonesia Makin Teruji

Jadwal Kualifkasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Diundur Hingga 2021

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya