Bepe Gelar Diskusi Menarik, Timnas Indonesia Pernah Jadi Macan Asia?

Ilija Spasojevic, striker Timnas Indonesia
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Timnas Indonesia gagal menunjukkan prestasi membaik dalam beberapa tahun belakangan. Bahkan dari negara tetangga di Asia Tenggara saja, kini Timnas sudah kalah kelas.

Terpopuler: Emil Audero Dinaturalisasi Usai Ketemu Erick Thohir Kaka Dicerai karena Terlalu Sempurna

Berdasarkan peringkat FIFA terbaru yang dirilis pada 16 Juli 2020, Indonesia duduk di posisi 173 dunia. Skuat Garuda kalah dari negara-negara tetangga dari mulai Vietnam (94), Thailand (113), Filipina (124), Myanmar (136), Malaysia (154) dan Singapura (157). Indonesia bahkan berdiri sejajar dengan Kamboja di posisi 173.

Padahal, dulu Indonesia sempat mendapat julukan Macan Asia. Terkait hal ini manajer Persija Jakarta dan legenda Timnas Indonesia, Bambang Pamungkas, membuka diskusi menarik di Twitter.

Elkan Baggott Menggila, Cetak Gol dan Bawa Bristol Rovers Pecundangi Mantan Klubnya

"Kalo ada kalimat, "Dahulu (timnas) Indonesia adalah Macan Asia". Tanggapan kalian kira-kira, setuju atau tidak?" kata pria yang akrab disapa Bepe tersebut.

Emil Audero Dilirik Timnas Indonesia, Netizen Masih Sakit Hati dengan Ucapan Bapaknya

Hal ini mendapat tanggapan beragam dari warganet. Ada yang setuju dan ada yang tidak.

Yang tidak setuju, melihat raihan Timnas Indonesia yang sejak dulu minim trofi. Raihan bergengsi yang diraih Tim Merah Putih, untuk tim senior,  hanyalah dua medali emas SEA Games pada 1987 dan 1991. Sisanya, hanyalah level turnamen persahabatan seperti Pestabola Merdeka, Piala Kemerdekaan Indonesia dan King's Cup.

(Baca juga: 75 Tahun Merdeka, Ini Deretan Trofi yang Direbut Timnas Indonesia)

Sementara itu, yang setuju menilai Indonesia layak disebut Macan Asia saat Bepe bermain. Lalu, ada yang menjelaskan asal mula julukan ini. Sebutan Macan Asia lahir saat Indonesia merebut medali perunggu di Asian Games 1958.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya