Kronologi Penyakit Alfred Riedl Sebelum Meninggal Dunia

Mantan pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl
Sumber :
  • AFF

VIVA – Alfred Riedl, mantan pelatih Timnas Indonesia meninggal dunia. Riedl meninggal Selasa 8 September 2020 waktu Austria. Mantan pelatih yang akrab disapa Opa itu menghembuskan nafas terakhir di usia 70 tahun.

Shin Tae-yong Galau Harus Hadapi Negara Sendiri

Media Austria, Kurier melaporkan, Riedl sebelum meninggal karena penyakit kanker lebih dulu dirawat dengan penuh kasih sayang oleh istinya Jola.

Riedl memang sudah sejak lama berjuang melawan penyakit. 13 Tahun lalu, mantan pelatih kelahiran 2 November 1949 itu sempat menerima ginjal dari seorang pendonor di Vietnam. 

Terpopuler: Alasan Heerenveen Lepas Nathan Tjoe-A-On, Calon Kiper Timnas Indonesia Sabet Scudetto

Baca Juga: Alfred Riedl, Mantan Pelatih Timnas Indonesia Meninggal Dunia

Kapten Timnas Indonesia U-23 Sambut Baik Kembalinya Nathan Tjoe-A-On

Terkendala penyakit, Riedl juga gagal menjadi pelatih Persebaya Surabaya di pertengahan Liga 1 2019. Kontrak yang awalnya sudah disepakati harus dibatalkan karena ia mendadak harus menjalani operasi bypass jantung.

"Saya harus mengabarkan tentang keadaan kesehatan sekarang. Saya telah memeriksakan diri di rumah sakit di Vienna sekaligus membahas aktivitas saya ke depan," kata Riedl dalam situs resmi Persebaya beberapa waktu lalu. 

"Ternyata, dalam dua pekan saya harus menjalani lagi operasi bypass. Ini kabar buruk buat saya, juga buat Persebaya. Tapi, kesehatan harus saya utamakan," sambungnya.

Baca Juga: Alfred Riedl, Sang Mantan yang Buat Timnas Indonesia Gagal Move On

Riedl sejatinya akan dijadikan proyek jangka panjang oleh Persebaya. Namun, Persebaya memilih asisten Riedl, Wolfgang Pikal sebagai pengganti. 

Sayangnya, Wolfgang Pikal gagal memenuhi ekspektasi Persebaya. Dia memilih mundur hanya satu bulan setelah diangkat menjadi pelatih. 

Di sisi lain, Riedl pernah menukangi Timnas Indonesia dalam tiga periode berbeda yakni 2010-2011, 2013-2014, dan 2016-2017.  

Selama menukangi Timnas Indonesia, Riedl pernah mencatatkan prestasi terbaik saat membawa tim Merah Putih finis sebagai runner up di Piala AFF 2010.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya