Stadion Patriot Candrabhaga Bakal Diubah jadi Ruang Isolasi COVID-19

Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, Jawa Barat.
Sumber :
  • VIVA / Dani Bekasi

VIVA – Makin banyaknya pasien penderita virus corona COVID-19 di wilayah Bekasi membuat pemerintah setempat bergerak mencari tempat penampungan yang lebih luas. Untuk itu, mereka berencana menjadikan area Stadion Patriot Candrabhaga yang terletak di Jalan Ahmad Yani Kota Bekasi, sebagai tempat isolasi pasien positif.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Tindakan ini diambil guna mengantisipasi keterbatasan ruang isolasi yang ada di rumah sakit setempat.

Seperti yang diketahui, berdasarkan data corona.bekasikota.go.id, akumulasi orang terkonfirmasi positif sebanyak 1.115 orang. Kemudian yang meninggal dunia sebanyak 67 orang.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Lalu, pasien sembuh mencapai 1.016 orang. Dan yang masih menjalani perawatan sebanyak 32 orang.

"Memang sudah dari awal kami ingin jadikan stadion menjadi ruang isolasi. Sudah ada tempat tidurnya kok," kata Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi.

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

Rahmat menambahkan, bukan hanya area stadion yang akan dijadikan ruang isolasi tambahan. Melainkan dua gedung seperti Asrama Haji di Jalan Kemakmuran dan Gedung Islamic Center di Jalan Ahmad Yani menjadi alternatif lainnya untuk ruang isolasi.

Diakui Rahmat, kondisi rumah sakit swasta saat ini nyaris penuh. Sisanya yang tak tertampung masih diakomodir oleh RSUD Kota Bekasi. "Sebenarnya angka pasien COVID-19 ini berubah-ubah kadang naik kadang rendah. Yah ini kan daerah metropolitan," jelasnya.

Lebih lanjut, Rahmat menjelaskan pemerintah daerah sudah melakukan beberapa upaya menekan angka penyebaran COVID-19, yakni dengan melakukan tes swab dan rapid test secara massal. Sekarang ini hasil pemeriksaan spesimennya masih di Labotarium Kesehatan Daerah (Labkesda).

"Upaya menggerakan RT/RW juga terus digalang. Tujuannya untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19," ujarnya.

Sebagai informasi, Stadion Patriot beberapa musim lalu digunakan sebagai kandang dari dua klub asal Jakarta, yakni Persija Jakarta dan Bhayangkara FC.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya