Piala Asia U-19 Ditunda, PSSI Pastikan TC Timnas Tetap Dilanjutkan

Pertandingan Timnas Indonesia U-19 vs Bulgaria
Sumber :
  • pssi.org

VIVA – Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), menghargai keputusan dari Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) yang resmi menunda Piala Asia U-19 dan U-16 yang seharusnya Oktober dan November 2020, menjadi awal tahun depan 2021. Ketua PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan, PSSI sangat menghargai hal itu, apalagi saat ini pandemi virus corona COVID-19 masih belum berakhir di hampir seluruh negara. 

Iwan Bule Bingung Usai Timnas Indonesia U-23 ke Babak 8 Besar : Itu Shin Tae-yong atau Pep Guardiola

Penundaan diumumkan AFC setelah menggelar rapat virtual Komite Eksekutif pada Kamis, 10 September 2020. 

"PSSI mendukung keputusan AFC terkait penundaan Piala Asia U-19 dan U-16 tahun ini. Dengan ini tentunya tim pelatih akan mengubah program latihan. Kami berharap pemain tetap semangat dan berlatih terus untuk memberikan yang terbaik untuk timnas Indonesia," kata Iriawan dikutip dari laman PSSI.

Budiman Sudjatmiko Dukung Prabowo, Iwan Bule: Saya Keberatan Disebut Devide et Impera

Meski akhirnya ditunda, namun PSSI menyatakan pemusatan latihan (TC) Timnas U-19 di Kroasia tetap dilanjutkan. Menurut Iriawan, bahkan setelah dari Kroasia, pasukan asuhan Shin Tae-yong tersebut akan melanjutkan TC di Turki. 

"Dengan penundaan Piala Asia U-19 ini, maka timnas U-19 yang saat ini di Kroasia  akan melanjutkan TC di Turki pada Oktober mendatang.  Selain itu, kami ada alternatif TC di Spanyol atau Portugal. Saat ini kami sudah mendapat persetujuan dari Federasi Turki untuk melanjutkan TC di sana," tambahnya.

Iwan Bule Buka Suara soal Tuduhan Tinggalkan Utang Rp100 Miliar ke PSSI

Piala Asia U-16 seharusnya berlangsung pada tanggal 25 November hingga 12 Desember 2020 di Bahrain. Sedangkan Piala Asia U-19 dijadwalkan bermain pada 14 hingga 31 Oktober 2020 mendatang di Uzbekistan.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan saat datang ke latihan Timnas Indonesia U-19

Baca juga: Piala AFC 2020 Dibatalkan, Piala Asia U-19 dan U-16 Resmi Ditunda

AFC sendiri dalam rilisnya merasa pandemi COVID-19 mempengaruhi kemampuannya untuk bisa menyelenggaraan beberapa turnamen. 

"Komite Eksekutif AFC menyadari bahwa pandemi telah mempengaruhi kemampuan AFC untuk menyelenggarakan kompetisi. Dengan pemikiran ini dan dengan mempertimbangkan kebutuhan untuk memprioritaskan kesejahteraan para pemain muda, serta tantangan perjalanan dan kesehatan, Kejuaraan Piala Asia  U-16 dan Asia U-19, yang dijadwalkan untuk Bahrain dan Uzbekistan, telah ditunda hingga awal tahun 2021," tulis AFC dalam rilisnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya