Menpora Gerak Cepat Tindaklanjuti Keppres Panitia Piala Dunia U-20

Menpora, Zainudin Amali terus memastikan kesiapan Piala Dunia U-20
Sumber :

VIVA – Keputusan Presiden (Keppres) dan Instruksi Presiden (Inpres) untuk Piala Dunia U-20 2021 telah resmi ditetapkan oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).

Pemain Keturunan Bisa Bela Timnas U-19 di Piala Dunia U-20, Siapa Dia?

Keppres menjadi petunjuk susunan kepanitiaan yang terdiri dari Panitia Pengarah dan Panitia Pelaksana.

Sedangkan Inpres mengatur pembagian tugas penyelenggaraan yang meliputi Kementerian, TNI, Pori, Badan Pemeriksa Keuangan, Jaksa Agung, hingga ke Pemerintah Daerah, baik itu Gubernur hingga ke level Walikota.

Timnas Indonesia U-19 Sekarang Lebih Bagus Ketimbang Era Elkan Baggott

Menpora, Zainudin Amali langsung bergerak cepat menidaklanjuti Keppres dan Inpres tersebut. Amali dalam konferensi pers Kamis, 17 September 2020, menjelaskan mengenai langkah strategis yang akan dilakukan guna menindaklanjuti Keppres dan Inpres tersebut

Amali yang juga ditunjuk langsung oleh Jokowi sebagai ketua panitia Indonesia FIFA U-20 World Cup 2021 Organizing Committee (INAFOC) memastikan pihak PSSI terus menjalin komunikasi dengan FIFA, sehingga persiapan bisa berjalan lebih lancar.

Timnas U-19 Terbang ke Korsel, Marselino Ferdinan Tergantung Persebaya

Langkah cepat selanjutnya yang dilakukan oleh Amali adalah langsung melakukan tinjau lapangan ke Jawa Timur sehari setelah mengumumkan keluarnya Keppres dan Inpres mengenai Piala Dunia.

Amali memantau langsung progres renovasi Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) yang akan digunakan sebagai tempat berlangsungnya perhelatan akbar pada tahun 2021 itu.

Kemudian, Amali juga melakukan konsolidasi memperkuat sinergi dengan pimpinan daerah selaku tuan rumah daerah penyelenggaraan serta memastikan secara langsung bahwa semua berjalan sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

"Saya bersama Wakil Ketua INAFOC Iwan Budianto dan rombongan dari PSSI meninjau langsung progres renovasi Stadion GBT yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-20 tahun 2021. Dan saya lihat progresnya sudah bagus, apalagi Bu Risma (Tri Rismaharini) turun langsung untuk mengawasi proses pembangunan," kata Amali.

Menpora Zainudin Amali dan PSSI berkunjung ke Stadion GBT

Baca juga: Sekjen PSSI: Sekarang FIFA Langsung Koordinasi dengan INAFOC

Selain berkunjung ke Stadion GBT, Amali bersama rombongan memastikan kesiapan stadion pendukung lainnya yang berada di Jawa timur yaitu GOR Pancasila (Lapangan THOR), Stadion Gelora 10 November dan Stadion Gelora Bangkalan.

Selanjutnya, Amali akan melakukan tindakan serupa ke daerah tuan rumah penyelenggara lainnya. Langkah cepat lainnya yang telah dilakukan Amali yakni segera merampungkan susunan panitia INAFOC dan segera berkantor di GBK Arena.

"Sebagaimana janji saya kalau Keppres dan Inpres tentang Piala Dunia U-20 keluar akan segera saya sampaikan. Hari ini janji saya penuhi, dengan keluarnya Keppres No. 19 dan Inpres No 8, dasar kita bekerja sudah ada, INAFOC segera berkantor di GBK Arena untuk memudahkan koordinasi, silakan nanti merapat dan dapat mengetahui setiap perkembangan," kata Menpora RI.

FIFA sebelumnya sudah menyetujui enam stadion di enam kota Indonesia sebagai tempat pertandingan yaitu, Stadion Utama GBK (Jakarta), Jakabaring (Palembang), Si Jalak Harupat (Bandung), Manahan (Solo), Gelora Bung Tomo ( Surabaya) dan Kapten I Wayan Dipta (Bali).  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya