Persita Tangerang Ogah Manfaatkan Bursa Transfer Pemain Asing

Mantan pemain Persita, Mateo Bustos
Sumber :
  • Tim media Persita Tangerang

VIVA – Beredarnya regulasi lanjutan Liga 1 2020 yang menunjukkan adanya pergeseran bursa transfer pemain asing mencuri perhatian. Sebab, sehari sebelumnya saat digelar Manager Meeting di Bandung, mayoritas klub menolak usulan tersebut.

STY Bahas Keputusan Pratama Arhan Tinggalkan Tokyo Verdy

Lantas tiba-tiba saja muncul gagasan ini yang dianggap telah mencederai hasil voting saat Manager Meeting. Dalam regulasi itu ditetapkan pendaftaran pemain asing sesuai Transfer Matching System (TMS) dibuka sejak 21 September hingga 18 Oktober 2020.

Baca juga: Kekecewaan Besar Pelatih Persib Tahu Jadwal Bursa Transfer Dimajukan

Victor Igbonefo Ingin Persib Bandung Kembali Menang

Aturan yang terdapat pada poin berikutnya, setiap tim yang mau merekrut pemain asing baru, tidak boleh mereka yang pernah terdaftar di klub Liga 1 2020 lainnya.

Menanggapi hal tersebut, Manajer Persita Tangerang, I Nyoman Suryanthara menegaskan tidak akan memanfaatkannya. Sebab, tim sudah punya rencana sendiri untuk mengarungi lanjutan Liga 1.

Resmi Diperkenalkan, Radja Nainggolan Lansung Sadar Tugas Berat Bersama Bhayangkara FC

"Kami menghormati dan tentunya mentaati aturan yang telah ditetapkan oleh PT LIB selaku operator Liga. Tapi, untuk bursa transfer pemain asing yang sekarang, Persita belum ada rencana melakukan perekrutan. Pemain asing yang kami miliki sekarang sudah cukup memenuhi kebutuhan taktikal Persita," ujar Nyoman, dikutip dari siaran pers yang diterima VIVA.

Sedianya Persita memiliki kesempatan untuk mencari pengganti Mateo Bustos. Pemain yang memilih untuk memutus kontrak di lanjutan Liga 1 dengan alasan keselamatan diri, mengingat di Indonesia pandemi COVID-19 masih marak.

Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar

"Kami tentu sangat kehilangan sosok Mateo di lapangan. Tapi, kami tidak ada rencana untuk menggantikan Mateo. Sementara ini kami akan memaksimalkan pemain yang ada untuk bisa mengisi posisi yang ditinggalkan Mateo," tutur Nyoman.

Gagasan untuk mempercepat bursa transfer pemain asing Liga 1 ini diakui Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar sempat jadi perdebatan. Sebanyak tujuh klub setuju diterapkan, sedangkan delapan menolak, dan tiga lagi absen.

"Jadi kan aturan dari awalnya sudah ada aturan baku, kalau pemain asing tambahan atau penggatian itu putaran pertama tidak boleh, kalau putaran kedua diganti semua juga tidak ada masalah," kata Umuh kepada wartawan. 

"Alhamdulillah selesai gak ribut, yang setuju ada 7, tidak setuju ada penambahan pemain ada 8, absen 3. Tadi sudah ada catatannya jadi supaya PSSI tidak bingung," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya