Mengenang Aksi Hebat Si Cantik Zahra Muzdalifah di Asian Games 2018

Pemain timnas wanita Indonesia, Zahra Muzdalifah (kiri).
Sumber :
  • INASGOC/Zabur Karuru/Ful/18

VIVA – Debut keikutsertaan tim nasional sepakbola wanita Indonesia di ajang Asian Games 2018 lalu memang tidak begitu berjalan mulus. Bertindak sebagai tuan rumah, skuad Putri Garuda hanya mampu meraih tiga poin dari tiga laga yang dijalani di babak penyisihan grup.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Tergabung di grup A bersama Maladewa, Taiwan, dan Korea Selatan, tim asuhan almarhum Satia Bagdja itu hanya menang sekali dan menelan dua kekalahan. Di partai pertama, mereka menang 6-0 atas Maladewa sebelum dibenamkan Taiwan 0-4, dan dihancurkan Korsel 0-12.

Striker timnas wanita Indonesia, Zahra Muzdalifah

Satoru Mochizuki Ungkap Kriteria untuk Pemain Timnas Indonesia Wanita U-17

Namun, bukan hasil akhir timnas wanita yang menjadi kenangan bagi pecinta sepakbola nasional. Melainkan, aksi hebat kapten Putri Merah Putih saat itu, Zahra Muzdalifah, saat melawan Maladewa.

Baca Juga: Andritany Ardhiyasa dan Zahra Muzdalifah Ikut Kampanye FIFA

Erick Thohir: Jangan Terjebak Dikotomi Pemain Naturalisasi dan Lokal

Sebab, sangat jarang pecinta sepakbola nasional melihat aksi seorang wanita asli keturunan Indonesia yang pandai mengolah si kulit bundar. Bahkan, penampilan Zahra saat menghadapi Maladewa seperti pemain sepakbola wanita yang merumput di Eropa.

Striker Persija Putri, Zahra Muzdalifah.

Di laga yang digelar di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring itu, Zahra berhasil menyumbangkan dua gol kemenangan Indonesia atas Maladewa. Dua gol yang ia ciptakan lahir melalui kemampuan yang di atas rata-rata pemain Indonesia lainnya.

Selain menyumbangkan gol, Zahra juga berperan besar dalam mengatur ritme pertama skuad Putri Garuda. Jiwa kepemimpinannya pun patut mendapatkan apresiasi meski gagal membawa timnas wanita Indonesia meraih kemenangan di laga berikutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya