Mereka yang Menanti Kepastian Usai Liga 1 Ditunda

Duel Borneo FC vs Persela Lamongan.
Sumber :
  • https://www.instagram.com/borneofc.id/

VIVA – Pukulan telak bagi kompetisi Liga 1 musim 2020. Nasibnya kembali tak jelas setelah adanya keputusan Liga 1 ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Dalam konferensi persnya, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyatakan akan menghomati keputusan dari para pemangku jabatan terkait, khususnya pihak kepolisian. Memang, melalui Kadiv Humas, Argo Irjen Pol Argo Yuwono, Polri tak memberikan izin digulirkannya Liga 1 dan 2.

Argo menyatakan, saat ini pihaknya tengah fokus mengadakan operasi yustisi di semua tingkatan. Pun, Polri sudah mengeluarkan maklumat agar menangguhkan izin keramaian.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

"Karena situasi pandemi virus corona COVID-19 masih terus meningkat, dengan jumlah masyarakat yang terinfeksi," kata Argo.

Ditundanya kompetisi Liga 1 tentu jadi kerugian bagi klub-klub peserta. Sebabnya, mereka sudah keluar uang demi operasional klub.

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

Pemain, pelatih, dan elemen tim lainnya, juga pasti resah dengan kondisi ini. Sebab, bukan tak mungkin ada kebijakan pemotongan gaji lagi lantaran beban operasional klub akan membengkak.

Efek ini juga sudah disadari oleh Iwan Bule (sapaan akrab Iriawan). Dalam pernyataannya, dia sempat menyinggung adanya gangguan dalam ekosistem sepakbola pasca ditundanya kembali Liga 1.

"Kita tahu akibat penundaan ini dampaknya cukup luas, baik pelatih, pemain, dan ekosistem sepakbola, namun sekali lagi ini sudah keputusan yang mengedepankan kemanusiaan," ucapnya.

Persebaya Surabaya." src="https://thumb.viva.co.id/media/frontend/thumbs3/2020/08/31/5f4cd89695269-latihan-persebaya-surabaya_663_372.jpg" title="Latihan Persebaya Surabaya." />

Juru taktik Persebaya, Aji Santoso, masih menunggu arahan manajemen Persebaya terkait aktivitas tim, hingga statusnya jelas.

"Saya sebagai pelatih mengikuti saja, apa yang menjadi keputusan para pihak terkait," ujar Aji.

Senada dengan Aji, pelatih Persela Lamongan, Nilmaizar, masih mau jumpa dengan jajaran manajemen klub terlebih dulu. Nil ingin mendengar lebih jauh terkait kabar penundaan Liga 1.

"Nah, saya baru tahu dari kamu nih. Tapi, saya belum bisa komentar lebih jauh karena harus bicara dengan manajemen terlebih dulu. Memastikan kabar penundaannya seperti apa. Nanti saya hubungi lagi ya," kata Nil kepada VIVA, Selasa 29 September 2020.

Liga 1 seharusnya sudah bergulir kembali pada 1 Oktober 2020. Pertandingan pembuka akan melibatkan PSS Sleman kontra Persik Kediri di Stadion Maguwoharjo.

Dan, beberapa tim yang terlibat dalam duel di pekan pembuka, sudah sampai di Yogyakarta. Salah satunya adalah Persiraja Banda Aceh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya