Persebaya Mau Umumkan 4 Pemain Kena Corona, LIB Cuma Bilang Terserah

Irfan Jaya dan 2 pemain asing Persebaya, Mahmoud Eid, David Da Silva
Sumber :
  • ANTARA FOTO

VIVA – Sebanyak enam personel Persebaya Surabaya dinyatakan positif terjangkit virus Corona COVID-19. Empat di antaranya merupakan pemain. 

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Hasil itu diketahui berdasarkan hasil tes swab PCR yang dilakukan PT LIB, Sabtu kemarin 27 September 2020. Persebaya mengonfirmasi, Personel yang positif itu sudah tidak diikutkan dalam sesi latihan. Mereka menjalani karantina mandiri karena kondisinya tanpa gejala.

Presiden Persebaya. Azrul Ananda mengungkapkan kabar itu adalah kekhawatiran mereka sejak jauh-jauh hari. Saat pertama rencana kompetisi akan dilanjutkan, Persebaya sudah menduga hal ini bakal terjadi.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Azrul dalam laman resmi Persebaya. Rabu 30 September 2020 menangkap, operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB) belum memiliki prosedur yang jelas ketika ada personel tim yang positif COVID-19.

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

Baca Juga: Pengakuan Gila Dennis Rodman, Dipaksa Madonna Bercinta tanpa Kondom

"Sambil menunggu, kami menerapkan protokol sendiri. Memastikan pemain dan ofisial yang positif mendapat support dan perhatian khusus. Sambil menunggu tes selanjutnya, dengan harapan hasilnya baik," kata Azrul.

Azrul menceritakan, saat itu pihaknya bertanya ke LIB apakah mereka harus mengumumkan hasil kurang menyenangkan itu. Namun, sekali lagi, Azrul menangkap belum ada prosedur atau protokol jelas soal ini dari LIB.

Kalau mengacu ke liga-liga dan olahraga lain di luar negeri, kata Azrul rata-rata langsung dengan cepat mengumumkan hasilnya. 

Bahkan klub-klub tak segan menyebutkan nama-nama yang positif itu. Karena itu memang yang terbaik, demi transparansi dan keselamatan orang lebih banyak.

Azrul mengatakan, Persebaya akhirnya memilih untuk mengumumkan karena jawaban dari LIB mengambang. "Karena kami mendapatkan jawaban 'Terserah Persebaya,' kami pun memutuskan mengumumkannya. Walau tidak menyebut nama sebelum hasil tes kedua benar-benar mengkonfirmasi hasil positif itu," ucap Azrul.

"Kami memutuskan untuk mengumumkan itu untuk menjadi peringatan bagi pemain-pemain dan ofisial yang lain. Bahwa kita harus selalu waspada dan siaga, dan selalu disiplin. Juga kepada tim-tim lain, supaya jangan sampai mengalami apa yang dialami Persebaya. Supaya jangan pernah meremehkan dampaknya," sambungnya.

Di sisi lain, lanjutan Liga 1 2020 yang rencananya bakal bergulir hari ini Kamis, 1 Oktober 2020 dibatalkan PSSI. Sebabnya, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) tidak memberikan izin keramaian mengingat kasus COVID-19 yang masih mengerikan.

Latihan Persebaya Surabaya.

Baca Juga: Pilu, Wasit Liga 1 Nangis Saat Ketum PSSI Umumkan Kompetisi Ditunda

Terkait hal ini, Azrul tidak mempedulikan. Sebabnya, saat ini fokus Persebaya yang paling utama adalah kepada empat pemain dan dua ofisial yang dinyatakan positif itu.

“Mereka aset utama Persebaya. Kalau saya yang sakit, saya tidak main di lapangan. Kalau mereka yang sakit, tidak bisa main di lapangan, kita semua yang sakit," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya