Liga 1 Tanpa Kejelasan, Psikologis Pemain Mesti Dijaga

Latihan Persib Bandung di Stadion Arcamanik
Sumber :
  • VIVA/Dede Idrus

VIVA – Persib Bandung kembali menjalani latihan, setelah diliburkan selama satu pekan. Keputusan libur diambil setelah adanya pengumuman penundaan lanjutan Liga 1 yang awalnya bergulir pada Oktober 2020.

Merayakan Ulang Tahun ke-89 Persib Bandung

Setelah menjalani libur satu pekan, para pemain kembali dikumpulkan. Mereka menjalani latihan di Stadion Arcamanik, Bandung, Jumat 9 Oktober 2020.

Baca juga: Persib Harap-harap Cemas Soal Kelanjutan Liga 1

Persib Bandung Waspadai Kekuatan Lini Depan MU

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts mengaku senang akhirnya para pemain bisa berkumpul kembali. Mereka memulai latihan di hari pertama ini dengan sangat baik.

Walau para pemain belum tahu pasti bagaimana lanjutan Liga 1 musim ini, tapi Robert melihat tidak ada yang mengganggu mereka. Supardi Nasir dan kawan-kawan tetap saja semangat menjalani program latihan.

Gol Menit Akhir PSIS Buyarkan Kemenangan Bhayangkara FC

"Semua berlanjut lagi bagi semuanya, setelah diberi waktu libur selama satu pekan, dan belum ada kepastian (soal kompetisi). Kami sudah dua kali mempersiapkan diri untuk musim ini dan kembai dibatalkan," ujar Robert. 

Juru taktik asal Belanda itu memberi sedikit pendekatan yang berbeda kepada para pemain. Dia menimbang kondisi psikologis anak asuhnya yang pasti resah dengan kepastian kompetisi.

"Tapi semuanya nampak senang bisa bermain sepakbola karena itu memang hal yang gemar kami lakukan. Jadi kami membuat semuanya merasa bagus," tutur Robert.

Aparat kepolisian tidak memberikan izin keramaian kepada PSSI untuk melanjutkan kembali Liga 1 dan Liga 2 musim ini. Mengingat saat ini penyebaran pandemi COVID-19 di Indonesia masih begitu tinggi.

Baca juga: Persib Makin Matang, Punya 2 Pelatih Kiper

Yang disayangkan klub-klub, mengapa pembatalan ini diumumkan PSSI ketika jadwal yang dibuat sudah mepet. Mereka juga sudah melakukan persiapan sekira dua bulan sebelumnya.

Dalam janjinya kepada klub, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) akan berupaya semaksimal mungkin melobi pemerintah. Tujuannya agar kompetisi bisa digulirkan pada November 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya