Racikan Shin Tae-yong, Pemain Timnas Indonesia U-19 Mesti Serbabisa

Latihan Timnas Indonesia U-19 di Kroasia
Sumber :
  • pssi.org

VIVA – Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong menuntut pemainnya untuk serbabisa. Dia sedang meracik variasi taktik agar bisa mendapatkan hasil yang efektif.

Kata Shin Tae-yong Usai Heerenveen Izinkan Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23

Tae-yong mengatakan hal itu usai Timnas Indonesia U-19 berhadapan dengan Makedonia Utara dalam uji coba di Stadion NK Junak Sinj, Split, Minggu malam WIB 11 Oktober 2020. Skuda Garuda menang dengan skor meyakinkan 4-1.

Baca juga: Shin Tae-yong Puas, Timnas Indonesia U-19 Tak Lagi Takut ke Lawan

Pelatih Korea Selatan Puji Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia U-23 Setinggi Langit

Gol pembuka Timnas Indonesia U-19 ke gawang Makedonia dicetak oleh Witan Sulaeman. Kemudian Jack Brown menambah dua gol, dan terakhir giliran Irfan Jauhari yang mencatatkan nama di papan skor.

Khusus untuk Irfan, perannya dalam pertandingan melawan Makedonia Utara sangat berbeda dengan sebelumnya. Dia diplot sebagai penyerang sayap kiri, dari biasanya berperan sebagai ujung tombak.

Sebenarnya Shin Tae-yong Ingin Timnas Indonesia U-23 Lawan Jepang, Bukan Korea Selatan

Pemain asal klub Bali United menjalankan peran itu karena Timnas Indonesia U-19 kehilangan pemain andalannya, Mochamad Supriadi. Cedera yang dialami ketika melawan NK Dugopolje memaksanya untuk istirahat.

Pelatih berusia 51 tahun itu menegaskan, pergerseran Irfan sebagai penyerang sayap kiri adalah hal biasa dalam tim. Karena dia memang menuntut para pemain untuk serbabisa di atas lapangan.

Pemain dengan tipe menyerang harus bisa bermain di lini serang mana saja. Begitu pula dengan mereka yang memiliki tugas lebih kepada bertahan.

"Semua pemain sama, harus bisa bermain di mana saja. Pemain offense harus bisa bermain di semua lini serang, begitu juga pemain defense," kata Tae-yong, dikutip dari PSSI TV.

Baca juga: Buah Positif Kesabaran Jack Brown Bersama Timnas Indonesia U-19

Tae-yong mengaku sedang dalam proses membuat variasi taktik untuk Timnas Indonesia U-19. Karena itulah para pemain harus bisa juga menjalankan peran berbeda dari biasanya.

"Kita juga dalam proses membuat variasi taktik. Plan A, plan B, plan C, sampai plan D," tutur juru taktik asal Korea Selatan itu.

Timnas Indonesia U-19 ini diproyeksikan untuk tampil di Piala Dunia U-20 2021. Sebagai tuan rumah, mereka tidak boleh cuma numpang lewat begitu saja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya