Misi Khusus Timnas U-16 di Balik Rotasi Pemain dalam Duel Vs UEA

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti Tukiman
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Tim Nasional Indonesia U-16 akan kembali menjalani laga uji coba internasional keduanya kontra Uni Emirat Arab, Sabtu 24 Oktober 2020. Jelang duel tersebut, pelatih Bima Sakti Tukiman bakal melakukan rotasi pemain.

Seleksi Indonesia U-20 dan U-16 di Medan Diikuti 1.200 Peserta

Strategi ini dilakukan bukan hanya menjaga kondisi fisik pemain. Tapi, juga melihat sejauh mana perkembangan para pemain selama mengikuti pemusatan latihan Timnas U-16.

"Soal rotasi yang pasti kami ada rotasi yang kami ubah, karena ini salah satu persiapan kami," kata Bima Sakti.

Nova Arianto Ungkap Pesan Shin Tae-yong, Sebut-sebut Pemain Titipan

Lebih lanjut, Bima mengaku tak terlalu mementingkan hasil dari uji coba ini. Pelatih asal Balikpapan itu hanya bertujuan mengasah kemampuan para pemainnya lantaran sedang dalam persiapan menuju Piala Asia U-16 2020 yang dihelat pada 2021 mendatang.

Ditambahkan Bima, menghadapi tim dari luar negeri juga akan sangat membantu menaikkan mental bertanding anak-anak asuhnya.

Seleksi Timnas Indonesia U-16 Selesai, Nova Arianto: Fisik Mereka Jauh dari Harapan

"Masalah hasil tidak begitu diutamakan walau targetnya mencuri kemenangan. Yang paling terpenting kami mempersiapkan untuk pemain agar siap di setiap pertandingan dan mereka besok kami coba rotasi, agar mereka memiliki jam terbang memiliki pengalaman pertandingan internasional," jelas dia.

Di sisi lain, gelandang Garuda Asia, Dimas Juliono Pamungkas, berharap bisa meraih hasil yang lebih baik di laga uji coba kedua. Maka itu, rotasi diperlukan untuk melihat sejauh mana perkembangan para pemain.

“Tim UEA memiliki postur tinggi dan memanfaatkan bola servis dan umpan silang. Evaluasinya mungkin komunikasi lebih baik lagi dan koordinasi antar lini diperketat lagi. Fokus latihan bertahan buat antisipasi servis dan umpan silang tim lawan,” ucap Dimas.

Sebelumnya, Timnas U-16 harus menerima kekalahan dari UEA di laga uji coba perdana, Rabu 21 Oktober 2020. Di laga tersebut, Garuda Asia bertekuk lutut dengan skor 2-3.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya