Pulang ke Indonesia, Timnas U-19 Langsung Dievaluasi PSSI

Timnas Indonesia U-19
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Timnas Indonesia U-19 kembali ke tanah air usai menjalani pemusatan latihan di Kroasia pada Selasa malam WIB, 27 Oktober 2020. Baru saja tiba, wejangan langsung diberikan oleh Ketua Umum PSSI, Iwan Bule. 

Fakta Mengerikan Korea Selatan U-23 Jelang Lawan Timnas Indonesia U-23

Sejak Agustus 2020, Bagas Kaffa cs menjajal kekuatan sejumlah tim bergengsi di Kroasia. Itu dilakukan untuk mengasah kemampuan dan kekompakan tim untuk menghadapi Piala AFC U-19 2020 yang rencananya digelar awal 2021. 

Baca juga: PSSI: Timnas Indonesia U-19 Akan TC di Belanda atau Jepang

Kecuali Indonesia, Wakil ASEAN Terseok-seok di Piala Asia U-23: Vietnam Babak Belur

Total mereka melakoni 11 pertandingan dengan hasil 5 kemenangan, 3 kali hasil imbang dan 3 kali mengalami kekalahan. Bukan hasil yang terlalu buruk mengingat lawan yang dihadapi cukup memiliki kualitas. 

Skuad asuhan Shin Tae-yong terakhir kali menghadapi Hajduk Split pada 20 Oktober 2020. Di laga tersebut, timnas U-19 menang dengan skor telak 4-0. 

Media Asing Puji Timnas Indonesia, Penuh Talenta Muda Cemerlang hingga Gol Manjakan Mata

Awalnya mereka dijadwalkan dua kali berduel dengan Hajduk Split, yaitu pada 20 dan 26 Oktober 2020. Tapi agenda kedua batal dan dipastikan mereka pulang ke Indonesia 26 Oktober. 

Sesampainya di Indonesia, sambutan hangat diberikan Iwan Bule. Dia mengaku puas dengan hasil yang diraih Timnas U-19, menurutnya ada peningkatan kualitas pemain khususnya mental. 

"Kami berdiskusi ada tren peningkatan mereka, dan itu bagus. Mental mereka mendekati 80 persen, alhamdulillah. Mudah-mudahan terus meningkat. Kami soroti memang Shin tae-Yong yang dibantu tim analisis dari Korea Selatan sehingga bisa analisis taktik dan strategi," kata pria yang disapa Iwan Bule ini ketika ditemui di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta. 

"Bek juga tenang, namun Shin bilang akan cari pemain gelandang. Penyerang cukup baik juga. Kiper baik tapi juga harus ditingkatkan. Kami beri pulang dulu namun tetap jaga performa," lanjut dia. 

Lebih lanjut, PSSI kabarnya memiliki rencana untuk melakukan lanjutan pemusatan latihan namun belum ditentukan tempatnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya