PSSI Pastikan Rencana Liga 1 pada Februari 2021

Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi (kiri)
Sumber :
  • Dok. PSSI

VIVA – Isu mengenai kelanjutan Liga 1 dan Liga 2 musim ini ditunda hingga Februari 2021 benar adanya. PSSI yang mengkonfirmasi kabar tersebut, dan keputusannya berdasarkan hasil rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Rabu malam WIB 28 Oktober 2020.

Kisah Andik Vermansah, Sempat Jadi Rebutan Klub Top Dunia Kini Terseok-seok di Liga 2

Keputusan penundaan ini dihasilnya secara aklamasi. Bukan cuma Liga 1 dan Liga 2 yang aktivitasnya ditunda sampai tahun depan. Strata terbawah, yakni Liga 3 juga mengalami hal yang sama.

Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi menyiratkan jika kompetisi pada 2021 mendatang adalah lanjutan dari musim ini. Sesuai dengan apa yang pernah diutarakannya beberapa waktu lalu.

Persikabo 1973 Jadi Tim Pertama yang Terdegradasi dari Liga 1 Musim Ini

"Rapat Exco PSSI menghasilkan keputusan bahwa PSSI menunda seluruh kompetisi yakni Liga 1, 2, dan 3 pada tahun 2020 ini. Selanjutnya kompetisi akan dimulai lagi pada awal 2021 mendatang," tutur Yunus, dikutip dari laman resmi PSSI.

Yunus pernah berbicara mengenai rencana PSSI dalam lanjutan kompetisi musim ini. Menjadi sebuah keharusan untuk dilanjutkan, dan tak peduli kapan izin keluar.

PSBS Biak Buka Suara Terkait Kerusuhan Suporter di Kandang Semen Padang

Setelah rencana Oktober 2020 gagal karena tak mendapat izin kepolisian. PSSI, PT Liga Indonesia Baru, dan klub sempat bertemu di Yogyakarta. Mereka menyepakati untuk merancang kompetis bulan depan.

Tapi semua tergantung dengan izin kepolisian. Jika kebuntuan yang kembali mereka hadapi, Desember 2020 atau bahkan Januari 2021 pun akan jadi lanjutan sisa musim ini.

Setelah akhirnya memutuskan Liga 1 dan Liga 2 dilanjutkan lagi pada Februari 2021, PSSI menyerahkan sepenuhnya kepada PT LIB untuk mencari formula dan format yang tepat.

"PSSI akan memberikan kewenangan kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 1 dan 2 untuk mencari formula, format, dan sistem kompetisi terhadap keputusan PSSI tersebut," imbuh Yunus.

Bukan tidak mungkin, wacana yang pernah diajukan PSSI sendiri terkait mengubah format menjadi dua wilayah jadi kenyataan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya