Liga 1 Ditunda Hingga 2021, Format dan Sistem Belum Pasti

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru, Akhmad Hadian Lukita
Sumber :
  • liga-indonesia.id

VIVA – PT Liga Indonesia Baru (LIB) mendapatkan kewenangan dari PSSI untuk merancang formula yang tepat diterapkan dalam lanjutan Liga 1 dan Liga 2 tahun depan. Keputusan itu dihasilkan setelah ada rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Rabu malam WIB 28 Oktober 2020.

Langkah Tegas PSSI Basmi Sepakbola Gajah di Liga 3

Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi mengatakan, pihaknya membiarkan PT LIB sebagai operator untuk menentukan langkah selanjutnya. Itu bisa jadi perubahan format dan sistem kompetisi.

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita belum bisa memastikan formula seperti apa yang cocok untuk diterapkan. Bahkan soal kemungkinan menjadi musim yang baru, dan meniadakan musim 2020 tak bisa dijawab.

Pemain Keturunan Bisa Bela Timnas U-19 di Piala Dunia U-20, Siapa Dia?

Karena jajaran PT LIB baru akan melakukan rapat pada pekan depan. Dari sana baru bisa diketahui apa langkah yang bakal diambil untuk merespons keputusan rapat Exco PSSI.

"Format dan jadwal akan dirapatkan PT LIB minggu depan," tutur Akhmad Hadian kepada VIVA, Kamis 29 Oktober 2020.

Persib Bandung Waspadai Kekuatan Lini Depan MU

PSSI pada akhirnya memutuskan untuk menunda kompetisi, mulai dari Liga 1 sampai dengan Liga 3 hingga tahun depan. Sebabnya, dua rencana awal mereka, yaitu menggulirkan kompetisi pada Oktober dan November 2020 terkendala izin kepolisian.

Dalam siaran pers-nya, PSSI tidak menyebutkan kapan persisnya rencana mereka memulai kembali kompetisi di Indonesia. Tapi, dari kabar yang beredar ke klub, rancangan yang ada pada Februari 2020.

"Rapat Exco PSSI menghasilkan keputusan bahwa PSSI menunda seluruh kompetisi yakni Liga 1, 2, dan 3 pada tahun 2020 ini. Selanjutnya kompetisi akan dimulai lagi pada awal 2021 mendatang," kata Yunus.

Keputusan itu sekaligus menggugurkan tekad PSSI sebelumnya yang ingin kompetisi bergulir lagi. Sempat mereka mengutarakan, jika tak dapat izin November 2020, maka akan dirancang lagi untuk bulan berikutnya.

Tak tanggung-tanggung, untuk melanjutkan Liga 1 dan Liga 2 musim ini dibuka juga kemungkinan pada Janauri 2021. Yang terpenting PSSI terus berupaya sisa pertandingan bisa dilanjutkan.

Liga 1 yang dimulai pada 29 Februari 2020 lalu baru berlangsung selama tiga pekan. Kompetisi ditangguhkan sementara oleh PSSI karena pandemi COVID-19 di Indonesia semakin mengancam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya