TC Timnas Indonesia U-19, Tak Ada Shin Tae-yong dan tanpa Uji Coba

Pemain Timnas Indonesia U-19 menjalani latihan
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Timnas Indonesia U-19 saat ini menjalani pemusatan latihan (TC) di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta pada 13-23 November 2020.

Shin Tae-yong Bicara Kekuatan Australia U-23

Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri mengatakan pihaknya tidak merencanakan agenda uji coba untuk Timnas U-19. David Maulana cs murni hanya berlatih saja.

Pemusatan latihan kali ini dilakukan PSSI untuk menyiasati waktu kosong pemain. Awalnya, PSSI ingin memulangkan pemain setelah kembali dari TC di Kroasia pada 27 Oktober 2020 kemarin ke klub masing-masing.

Pemain Indonesia U-23 Sedang Down, STY Berharap Suporter Bantu

Namun, karena lanjutan kompetisi kembali ditunda lantaran tak ada izin dari Polri, pemain tetap berkumpul di Jakarta. Latihan kali ini pun hanya bertujuan untuk menjaga kondisi fisik pemain.

Teka-teki Justin Hubner Main saat Indonesia U-23 Vs Australia U-23

"Kami tidak menjadwalkan Timnas Indonesia U-19 beruji coba pada pemusatan latihan di Jakarta. Latihan di sini hanya untuk menjaga kondisi fisik para pemain saja," kata Indra kepada wartawan, Kamis 19 November 2020.

Selain tak ada uji coba, tim berjulukan Garuda Muda itu tidak ditemani langsung oleh manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dan para asistennya dari Korea Selatan.

Tae-yong beserta asistennya memilih pulang kampung setelah TC di Krosia. Meski demikian, juru taktik 51 tahun itu selalu memantau latihan melalui virtual. Indra juga mengklaim latihan berjalan lancar sesuai instruksi Tae-yong.

Photo :
  • pssi.org

"Perkembangan pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 masih seperti biasa. Program dari Shin Tae-yong dijalankan dengan baik oleh Coach Nova Arianto," jelas Indra.

Sementara itu, Asisten pelatih timnas U-19, Nova Arianto mengatakan TC kali ini kami lebih fokus untuk melihat mental pemain dalam menjalani semua program latihan yang diberikan.

"Kami berharap mereka bisa berlatih lebih maksimal untuk mengejar kondisi fisik dengan pemain yang sudah lama bergabung dengan tim,” kata Nova.

"Karena semua program latihan dari coach Shin Tae-yong adalah bagaimana pemain menjalani latihan itu dengan baik,” jelas mantan pemain Persib Bandung itu.

Di sisi lain, TC ini merupakan bagian dari persiapan Timnas U-19 menghadapi Piala AFC U-19 2020 yang rencananya akan digelar bulan Maret 2021 mendatang di Uzbekistan. 

Selain itu, Garuda Muda akan berlaga di ajang bergengsi yakni Piala Dunia U-20 yang notabene Indonesia menjadi tuan rumah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya