Jack Brown Puji Semua Lawan di Piala Asia U-19, Lalu Timnas Bisa Apa?

Jack Brown bersama skuad Timnas Indonesia U-19 merayakan gol ke gawang Makedonia Utara.
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Timnas Indonesia U-19 sedang menjalani pemusatan latihan (TC) sejak 13-23 November 2020 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta.

Mantan Kapten Timnas Indonesia U-19, Nurhidayat Gabung Klub Filipina

TC ini sebagai bagian persiapan menuju event besar yakni ajang Piala Asia U-19 2020 di Uzbekistan yang rencananya akan digelar bulan Maret 2021.

Di Piala Asia U-19, Timnas U-19 berada di Grup A yang diisi oleh tim-tim tangguh seperti Iran, Kamboja, serta tuan rumah, Uzbekistan.

Hasil Liga 1 Persita Tangerang Vs Arema FC

Penyerang Timnas U-19, Jack Brown menilai Grup A dihuni oleh tim-tim yang memiliki kemampuan yang luar biasa. Terutama Uzbekistan dan Iran.

Photo :
  • Instagram/@jack9brown
Respons PSSI Usai Dokter Gadungan Timnas Indonesia dan Klub Liga 1 Ditangkap

"Uzbekistan pasti akan tampil luar biasa karena mereka bermain di kandangnya sendiri. Kedua kita melawan Iran. Siapa yang tidak mengetahui Iran, yang salah satu tim terbaik di Asia," kata Jack Brown.

Pemain keturunan Inggris-Indonesia itu juga menilai Kamboja yang sesama berasal dari Asia Tenggara memiliki semangat juang tinggi dan tidak bisa diremehkan. 

"Terakhir Kamboja, tim ini tidak boleh diremehkan, karena mereka memiliki semangat yang bagus dan pasti mereka akan mengejutkan," ucapnya.

Lalu, Timnas U-19 bisa apa? Jika melihat perjalanan pada edisi sebelumnya di Piala Asia U-19 2018, Indonesia berhasil melaju sampai babak perempat final. Kebetulan, Indonesia menjadi tuan rumahnya.

Kala itu, Timnas U-19 diperkuat oleh nama-nama seperti Egy Maulana Vikri, Nurhidayat, Todd Rivaldo, Muhammad Luthfi Kamal, Saddil Ramdani, hingga Witan Sulaeman. 

Nama terakhir menjadi satu-satunya yang masih bisa tampil pada edisi ini. Saat itu, Timnas U-19 yang ditangani Indra Sjafri mampu keluar dari fase grup menemani Qatar.

Indonesia meraih dua kemenangan (3-1 lawan China Taipei) (1-0 lawan Uni Emirat Arab). Satu kekalahan diderita dari Qatar (5-6).

Di babak perempatfinal, Timnas U-19 harus mengakui keunggulan juara bertahan, Jepang 2-0 di Stadion Gelora Bung Karno, 28 Oktober 2018. Di Piala Asia U-19, raihan terbaik Indonesia adalah menjadi juara pada edisi 1961.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Pada edisi 2020, Timnas U-19 sudah menjalani sejumlah persiapan. Sebelumnya, pasukan Shin Tae-yong menjalani pemusatan latihan di Kroasia sekitar dua bulan lamanya.

Di sana. Timnas U-19 menjalani 11 laga uji coba melawan tim-tim tangguh yakni kontra Bulgaria (0-3), Kroasia (1-7), Arab Saudi (3-3), serta dua kali melawan Qatar (2-1 dan 1-1).

Kemudian lawan Bosnia Herzegovina (0-1), Dinamo Zagreb (1-0), NK Dugopolje (3-0), Makedonia Utara (4-1 dan 0-0), Hajduk Split (4-0). Selain itu juga menggelar satu kali internal game.

Piala Asia U-19 menjadi penting dan gengsi bagi Timnas U-19. Sebab, event ini merupakan pemanasan bagi mereka sebelum tampil di Piala Dunia U-20 yang digelar di Tanah Air.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya