Timnas Indonesia U-16 Asah Duel Lawan Pemain Bertubuh Besar

Pemusatan latihan Timnas Indonesi U-16 di Stadion Pakansari
Sumber :
  • pssi.org

VIVA – Timnas Indonesia U-16 menjalani pemusatan latihan di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor. Skuad asuhan Bima Sakti Tukiman terus diasah kemampuannya, baik dari segi teknik maupun taktik.

Seleksi Indonesia U-16, Pemain Langsung Tes Fisik

Bima Sakti mengatakan, sejauh ini 26 pemain yang ikut dalam pemusatan latihan terus digembleng untuk memperbaiki kelemahan yang terlihat di laga uji coba melawan Uni Emirat Arab beberapa waktu lalu. Kekalahan yang membuat mereka dapat pelajaran penting.

“Baik itu dari fisik, pemahaman taktik yang diperbaiki mereka sudah banyak meningkat. Pembenahan setelah dua laga uji coba melawan UEA membuat kami dapat pelajaran bermakna,” kata Bima Sakti, dikutip dari laman resmi PSSI.

Seleksi Indonesia U-20 dan U-16 di Medan Diikuti 1.200 Peserta

Sebagai pelatih, Bima ingin para pemainnya tak lagi kalah dalam duel dengan tim yang pemainnya memiliki postur besar. Ketika lawan UEA, mereka mempelajari skema permainan lawan yang selalu saja mengandalkan keunggulan postur.

“Saya berharap pemain bisa lebih memperkecil jarak antarlini, terutama saat bertahan, jarak menjadi fokusnya. Terutama apabila melawan tim dengan pemain yang memiliki postur tubuh lebih besar dan tinggi seperti pemain tim UEA. Saat lawan memainkan bola direct dari penjaga gawang mereka langsung ke depan, itu bagaimana cara antisipasinya, pemain saya minta untuk menjaga jarak, jangan terlalu terbuka,” tuturnya.

Nova Arianto Ungkap Pesan Shin Tae-yong, Sebut-sebut Pemain Titipan

Kemampuan fisik pemain jadi fokus Bima Sakti untuk diperbaiki. Jangan sampai mereka mudah lelah, dan itu memberi pengaruh buruk bagi kinerja tim,

“Saya juga berharap fisik mereka bisa terus meningkat, hubungan antar pemain juga bisa terjalin dengan baik lagi dan terpenting, tetap menjaga kesehatan dengan patuh terhadap protokol kesehatan,” ujarnya.

Timnas Indonesia U-16 dipersiapkan untuk tampil di Piala Asia U-16 tahun depan. Sedianya berlangsung pada 2020 ini, tapi karena adanya pandemi COVID-19, kemudian AFC memutuskan menunda.

Lawan yang akan dihadapi Timnas Indonesia U-16 tidak mudah. Mereka satu grup dengan Jepang, Arab Saudi, dan China.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya