Momen Timnas Indonesia Dibikin Jadi Ayam Sayur oleh Maradona

Legenda Timnas Argentina, Diego Maradona
Sumber :
  • Twitter

VIVA – Indonesia cukup beruntung karena pernah menjadi saksi kehebatan Diego Maradona saat masih hidup. Selain mengunjungi Indonesia, ternyata Diego Maradona juga pernah berhadapan dengan Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia U-23 Hajar Australia, Marselino Ferdinan Ucapkan Hal Ini ke Ernando

Momen tersebut terjadi di Piala Dunia U-20 1979 yang berlangsung di Jepang. Indonesia tergabung di Grup B bersama Argentina, Polandia, dan Yugoslavia.

Di pertandingan pertama, Indonesia langsung bertemu Argentina di Omiya Stadium, 26 Agustus 1979. Hasilnya, bisa ditebak. Indonesia dibuat jadi ayam sayur oleh Argentina yang diperkuat Maradona.

Kata Ernando Ari Usai Timnas Indonesia U-23 Pecundangi Australia

Maradona mencetak dua gol ke gawang Indonesia di menit 19 dan 39. Tiga gol Argentina lainnya lahir lewat lesakkan hattrick Ramon Diaz di menit 10, 23, dan 25. Indonesia pun kalah telak 0-5.

Baca juga: Mengenang Kunjungan Diego Maradona ke Indonesia

Ernando Ari Gagalkan Penalti, Timnas Indonesia U-23 Sukses Bekuk Australia

Dilansir situs resmi FIFA, Indonesia berhasil tampil di Piala Dunia U-20 tahun 1979 yang berlangsung di Jepang. Garuda Muda lolos setelah menembus perempat final di Piala Asia U-19 pada 1978. Irak yang seharusnya lolos ke Piala Dunia mengundurkan diri dan digantikan Indonesia.

Sayangnya, Timnas Indonesia U-19 sama sekali tak berdaya di Piala Dunia. Garuda Muda yang tergabung di Grup B bersama Argentina, Polandia, dan Yugoslavia menempati juru kunci grup, usai kalah dalam tiga pertandingan. Indonesia yang diperkuat Subangkit, Bambang Nurdiansyah, dan Mundari Karya kebobolan 16 kali tanpa mencetak satu pun gol.

Setelah menanti selama 42 tahun, Indonesia bakal kembali tampil di Piala Dunia U-20 tahun depan. Indonesia bakal menjadi tuan rumah dan sudah dipastikan lolos.

Sejauh ini, baru enam negara yang dipastikan lolos ke Piala Dunia U-20 yang berlangsung pada 20 Mei sampai 12 Juni 2021 di Indonesia. Selain tuan rumah Indonesia, ada lima negara Eropa yakni Inggris, Prancis, Italia, Belanda, dan Portugal.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya